Masjid Nabawi Bersiap Sambut Jamaah Ramadhan

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

 Sabtu 10 Apr 2021 11:40 WIB

Renovasi dinding Qibli di Masjid Nabawi telah selsai. Foto: saudigazette Renovasi dinding Qibli di Masjid Nabawi telah selsai.

Masjid Nabawi akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

REPUBLIKA.CO.ID,  MADINAH -- Presidensi Umum Urusan Masjid Nabawi semakin gencar mempersiapkan masjid menjelang bulan suci Ramadhan sejalan dengan langkah pencegahan Covid-19.

Hanya orang-orang yang telah menerima dua dosis vaksin virus corona, orang yang telah pulih dari virus atau telah mendapatkan satu suntikan vaksin lebih dari 14 hari sebelum mengunjungi masjid, mereka adalah orang-orang yang dapat mengunjungi masjid atau berdoa di Rawdah. Hal ini dilaporkan Saudi Press Agency (SPA).

Baca Juga

Rawdah terletak di antara Kamar Suci (dikenal sebagai rumah Nabi) dan Mimbar Nabi. Status vaksinasi setiap orang harus terdaftar di aplikasi Covid-19 Arab Saudi, Tawakkalna.

Tiga juta botol air Zamzam akan dibagikan kepada jamaah dan pengunjung selama Ramadhan yang berarti 100 ribu botol air per hari. Hal ini disampaikan Presidensi Umum Urusan Masjid Nabawi.

Setiap jamaah akan diberikan kurma dan air secara individual untuk buka puasa dan jarak sosial harus diamati setiap saat. Dilansir dari Arab News, Sabtu (10/4).

Mengatur dan membagikan makanan sahur di halaman masjid dilarang. Itikaf (tinggal di masjid selama beberapa hari sambil beribadah) akan ditangguhkan untuk tahun kedua Ramadhan karena pandemi.

Jamaah juga diharuskan menggunakan aplikasi parkir nasional, Mawqif. Itu untuk memudahkan mereka keluar dari masjid.Ramadhan 2021 akan dimulai pada Senin atau Selasa di Kerajaan Arab Saudi.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X