Sabtu 10 Apr 2021 10:14 WIB

Kisah Umroh yang Tertunda

Setahun setelah perjanjian Hudaibiyah, umat Islam akhirnya memiliki kesempatan umroh.

rombongan umrah (Ilustrasi)
Foto: onislam
rombongan umrah (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Setahun setelah perjanjian Hudaibiyah, umat Islam akhirnya memiliki kesempatan untuk melaksanakan umrah.  Kesempatan ini dijalani dengan penuh rasa syukur. Karenanya, umrah ini dinamai Umrah Qadha.

Umat Islam yang mengikuti umrah Qadha mencapai 2,000 orang. Jumlah tersebut tidak termasuk anak-anak dan perempuan. Sebagian besar yang berangkat umrah adalah mereka yang menghadiri Perjanjian Hudaibiyah. (HR Muslim).

Baca Juga

Rasulullah Shallalahu Alaihi Wassalam memimpin langsung rombongan umrah. Beliau telah mengenakan pakaian ihram sejak dari Zulhulaifah. Beliau pun memimpin kalimat talbiyah, yang diikuti rombongan.

Sebanyak 60 ekor unta dibawa dalam rombongan yang nantinya akan dijadikan hewan kurban. Sepanjang perjalanan ini, umat Islam waspada dengan kemungkinan berkhianatnya kaum musyrik Makkah. Mendekati Ujaj, perlengkapan pengamanan ditinggalkan, sebagai bentuk komitmen pelaksanaan Perjanjian Hudaibiyah.

Rombongan mulai mendekat Makkah. Kaum Muslimini begitu bahagia. Suara talbiyah tak berhenti menggema. Sautan para sahabat menambah suara talbiyah mengguncang sukma.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement