Rabu 28 Apr 2021 11:29 WIB

Kerugian Bagi Mereka yang Terlambat Sholat Subuh

Sholat Subuh mempunyai sejumlah keistimewaan.

Foto: republika
Sholat subuh (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kerugian Bagi Mereka yang Terlambat Sholat Subuh

Sholat Subuh mempunyai sejumlah keistimewaan. Di antaranya, Sholat Subuh menjadi indikator kekuatan iman seseorang. Namun sebagian jamaah mungkin masih memiliki kebiasaan datang terlambat ketika akan sholat berjamaah di masjid sehingga ia pun menjadi imam masbuk. Kebiasaan datang terlambat ini pun memiliki banyak kerugian.

Dikutip dari laman Islamweb, setidaknya ada lima kerugian bagi jamaah yang datang terlambat sholat berjamaah, yaitu:

> Orang yang sering terlambat ke masjid tidak akan mendapatkan ketenangan. Hal ini karena terburu-buru. (HR Bukhari dari Abu Hurairah)  

> Tidak mendapat doa pengampunan dari malaikat. Jamaah yang datang terlambat ke masjid tidak akan mendapatkan doa pengampunan dari para malaikat. (HR Bukhari dari Abu Hurairah).

> Tidak mendapatkan keutamaan shaf pertama. Dalam berbagai hadits kita diperintahkan untuk menjadi terdepan. (HR Bukhari dari Abu Hurairah)  

> Menyia-nyiakan sunnah Nabi. Keutamaan sholat qobliyah subuh yang pertama adalah kebaikannya yang lebih baik dari dunia dan seisinya. (HR Muslim dari Aisyah RA) 

> Kehilangan waktu mustajab berdoa. Jamaah yang sering datang terlambat untuk sholat di masjid tidak akan pernah mendapatkan kesempatan untuk berdoa di waktu mustajab, yaitu di antara adzan dan iqamah. (HR Abu Dawud).      

Penulis: Muhyiddin

Pengolah Nashih Nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement