Jumat 09 Apr 2021 22:55 WIB

Jelang Ramadhan, Pasokan Pangan Aman di Tangerang

Beberapa ada yang harganya naik tapi tak signifikan, seperti daging, telur, dan ayam.

Rep: Eva Rianti / Red: Andi Nur Aminah
Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin
Foto: Republika/Yasin Habibi
Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang memastikan pasokan pangan di Kota Tangerang jelang Ramadhan dalam kondisi aman. Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin saat meninjau Pasar Anyar pada Jumat (9/4) untuk memonitor harga komoditas harian jelang bulan suci Ramadhan 1442 H mendatang. 

"Stok pangan di Kota Tangerang aman menjelang Ramadhan, diprediksi sampai Lebaran juga aman," ujar Sachrudin, Jumat (9/4). 

Baca Juga

Dia menuturkan, dalam tinjauan tersebut, dilakukan pengecekan harga bahan pokok seperti beras, daging, dan cabai. Dari hasil tinjauan, Sachrudin menyebut tidak ada kebutuhan pokok mengalami kenaikan signifikan. "Beberapa harganya naik tapi tidak signifikan, seperti daging, telur, dan ayam," ujarnya. 

Sebagian komoditas, lanjutnya, justru mengalami penurunan harga. "Seperti harga cabai yang sebelumnya tinggi sekarang turun berkisar Rp 80 ribu per kilogram," kata dia. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Abduh Surahman menambahkan, saat ini stok beras di Kota Tangerang mencukupi, bahkan melimpah. Hal itu lantaran para petani panen raya pada musim ini. 

"Beras dan daging sifatnya tetap ada meski jumlah tidak bisa melonjak banyak karena kalau banyak enggak ada yang beli, ya bermasalah juga," ungkapnya. 

Selain mengecek harga komoditas, dalam tinjauan tersebut juga dilakukan pengambilan sampel untuk memastikan produk yang dijual merupakan produk halal dan tanpa kandungan formalin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement