Jumat 09 Apr 2021 23:25 WIB

Menengok Masa Kecil Pangeran Philip

Masa kecil Philip terfragmentasi dan digelapkan oleh serangkaian kehilangan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Ani Nursalikah
Menengok Masa Kecil Pangeran Philip dari Inggris.
Foto: EPA-EFE/STRINGER
Menengok Masa Kecil Pangeran Philip dari Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II, wafat pada usia 99 tahun. Ia telah menjadi pendamping Ratu selama lebih dari 70 tahun.

Perjalanan Pangeran Philip ke Istana Buckingham bukan dimulai saat ia menikahi Ratu Elizabeth. Namun, ia pertama kali kesana pada 1922, di tempat tidur bayi yang terbuat dari peti buah jeruk.

Baca Juga

Dilansir di BBC, Jumat (9/4), Pangeran Philip lahir pada 10 Juni 1921 di pulau Corfu Yunani. Ia anak bungsu dan satu-satunya putra Pangeran Andrew dari Yunani dan Putri Alice dari Battenberg.

Warisan itu membuatnya menjadi pangeran Yunani dan Denmark, tetapi tahun berikutnya keluarganya diusir dari Yunani setelah kudeta. Sebuah kapal perang Inggris membawa mereka ke tempat yang aman di Italia, dengan bayi Philip tertidur di ranjang peti buah.

Masa kecil Philip terfragmentasi dan digelapkan oleh serangkaian kehilangan. Pada 1930, ketika dia berusia delapan tahun, ibunya dimasukkan ke pusat psikiatri karena menderita gangguan skizofrenia.

Philip tidak melihat banyak ibunya di tahun-tahun berikutnya. Ayahnya pergi ke French Riviera dengan seorang simpanan.

Kerabat ibunya di Inggris membantu membesarkannya. Dia kemudian mengadopsi nama belakang mereka, Mountbatten, bentuk anglikan dari nama keluarga Battenberg.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement