Sambut Ramadhan, Siapkan Fisik, Mental, dan Spiritual

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

 Sabtu 10 Apr 2021 05:11 WIB

Sambut Ramadhan, Siapkan Fisik, Mental, dan Spiritual. Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Sambut Ramadhan, Siapkan Fisik, Mental, dan Spiritual. Ilustrasi Ramadhan

Puasa memang ibadah yang cukup berat ditambah dalam suasana pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam akan menjalani Ramadhan tahun ini dalam suasana pandemi Covid-19. Sehubungan dengan itu, umat Islam dingatkan mempersiapkan fisik, mental, dan spiritual untuk menyambut dan mengisi bulan suci Ramadhan secara maksimal.

Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis) Ustadz Jeje Zaenudin juga berpesan kepada umat Islam agar menyiapkan diri secara maksimal untuk menyambut datangnya bulan yang penuh keberkahan. Umat diingatkan agar menyiapkan fisik dengan menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani.

Baca Juga

"Terutama siapkan mental spiritual dengan memperkuat ilmu dan keimanan agar dapat menjalankan puasa dengan ikhlas dan sabar selama sebulan penuh," kata Ustadz Jeje saat diwawancarai Republika.co.id, pekan lalu.

Ia mengatakan, puasa memang ibadah yang cukup berat ditambah dalam suasana pandemi Covid-19. Tetapi beratnya puasa akan berubah jadi kebahagiaan yang senantiasa dirindukan oleh orang yang menjalaninya dengan paham dan sadar atas nilai-nilai keutamaan dan keberkahan yang terdapat di dalamnya.

Ustadz Jeje yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Seni dan Budaya ini menyampaikan pesan agar umat dapat menyambut bulan Ramadhan dengan gembira dan antusias. Maka umat harus membekali diri dengan pemahaman yang mendalam tentang rahasia, hikmah, dan keistimewaan-keistimewaan yang akan diperoleh dengan puasa di bulan Ramadhan.

Ustadz Jeje menerangkan puasa Ramadhan memberikan kebaikan untuk hidup manusia di dunia dan di akhirat kelak. "Kita hanya akan merasakan antusiasme dan kegembiraan menyambut sesuatu yang kita ketahui keagungan nilai dan kemanfaatannya bagi hajat hidup kita," ujarnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X