Jumat 09 Apr 2021 19:48 WIB

Pau Lopez Ungkap Kunci Keberhasilan Mentahkan Penalti Ajax

Pau Lopez mempelajari setiap tendangan penalti Ajax di laga-laga sebelumnya.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 Kiper Roma Pau Lopez.
Foto: EPA-EFE/ROBERT GHEMENT
Kiper Roma Pau Lopez.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- AS Roma sukses membungkam Ajax Amsterdam, 2-1, dalam laga leg pertama babak perempat final Liga Europa, Jumat (9/4) dini hari WIB. Kemenangan ini terasa begitu dramatis lantaran berhasil dipetik I Giallorossi usai sempat tertinggal satu gol lewat torehan Davy Klaassen pada menit ke-39.

Tidak hanya itu, Ajax juga sempat memiliki peluang besar untuk menggandakan keunggulan pada menit ke-53. Pelanggaran Ibanez terhadap Dusan Tadic berujung pada hadiah tendangan penalti untuk De Godenzonen. Namun, kiper AS Roma, Pau Lopez, mampu mengagalkan tendangan penalti, yang dieksekusi langsung oleh Tadic tersebut.

Keberhasilan mematahkan tendangan penalti Ajax ini dinilai sebagai momen kunci kebangkitan performa I Giallorossi di laga tersebut. Empat menit berselang pasca-kegagalan tendangan penalti Ajax itu, Roma bisa menyamakan kedudukan via gol dari Lorenzo Pellegrini.

Tidak berhenti sampai di situ, klub asal Ibukota Italia itu bahkan mampu berbalik unggul pada menit ke-87 lewat sepakan kaki kiri Ibanez. Laga yang digelar di kandang Ajax, Stadion Johan Cruyff, itu akhirnya ditutup dengan kemenangan buat tim tamu.

Lopez pun mengungkapkan kunci keberhasilannya menghalau tendangan penalti Tadic. Menurutnya, gelandang serang Ajax itu cenderung mengarahkan bola ke arah tengah gawang saat mengeksekusi tendangan penalti. Hal ini diketahui penjaga gawang Spanyol itu setelah mempelajari setiap tendangan penalti Ajax di laga-laga sebelumnya.

''Saya tahu, Tadic seringkali mengarahkan bola ke tengah saat mengambil tendangan penalti. Saya telah menyaksikan eksekusi penaltinya dan menganalisanya bersama Marco Savorani (pelatih kiper Roma) saat mempersiapkan diri untuk laga ini. Akhirnya, saya memilih tetap berada di tengah dan beruntung bisa menghalau bola tersebut,'' kata Lopez seperti dilansir Football Italia, Jumat (9/4).

Terlepas dari kebobolan satu gol di laga tersebut, kemenangan di markas Ajax itu membuat Roma mengantongi sedikit keuntungan saat melakoni laga leg kedua babak perempat final Liga Europa, tengah pekan depan. Kendati begitu, Lopez tetap berharap, rekan-rekan setimnya bisa menjaga fokus dan tampil apik di leg kedua yang bakal digelar di Stadion Olimpico, Roma, guna memastikan satu tempat di babak semifinal.

''Meski kebobolan gol, yang seharusnya bisa kami hindari, penampilan kami di laga itu cukup baik. Namun, babak perempat final belum sepenuhnya selesai. Laga leg kedua akan sangat berat dan kami masih harus bekerja keras,'' jelas kiper berusia 26 tahun tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement