Jumat 09 Apr 2021 19:00 WIB

PHE Abar Anggursi akan Lakukan Pengeboran Sumur Barakuda-1X

Pengeboran sumur Barakuda-1X di Laut Jawa bukti Pertamina memperkuat ketahanan energi

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
 Peresmian Shorebase PHE Abar - PHE Anggursi di Pelabuhan Cirebon.
Foto: Lilis Sri Handayani/Republika
Peresmian Shorebase PHE Abar - PHE Anggursi di Pelabuhan Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Pertamina Hulu Energi (PHE) Abar dan PHE Anggursi berkomitmen memperkuat ketahanan energi nasional. Perusahaan tersebut dalam waktu dekat akan melakukan kegiatan pengeboran sumur Barakuda-1X (BKD-1x) di Laut Jawa.

Untuk mendukung kegiatan pengeboran itu, PHE Abar dan PHE Anggursi membangun shorebase di komplek Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Cirebon. Peresmian Shorebase Cirebon dilakukan pada Selasa (6/4).

"Shorebase Cirebon kami gunakan salah satunya untuk mendukung kegiatan pengeboran Sumur Barakuda, yang akan dimulai kegiatan pengeborannya dalam beberapa hari ke depan," ujar Pjs General Manager PHE Abar – PHE Anggursi, Djoko Mulyono.

Djoko mengatakan, pengeboran sumur Barakuda-1X di Laut Jawa merupakan bukti dari Pertamina sebagai perusahaan energi nasional untuk memperkuat ketahanan energi Indonesia. Dia menyebutkan, untuk saat ini, wilayah kerja pertambangan PHE Abar yakni antara Karawang barat sampai Indramayu barat. Sedangkan PHE Anggursi, antara Indramayu timur sampai Tegal, Jawa Tengah.

"Itu wilayahnya 60 mil. Jadi semuanya di wilayah utara Cirebon. Makanya handle operasinya (shorebase) di Cirebon," kata Djoko.

Djoko menambahkan, pemilihan shorebase di Cirebon itu merupakan bentuk sinergi antara Pertamina dengan Pelindo II Cirebon. Dari shorebase yang ada di Pelabuhan Cirebon itu selanjutnya akan menunjang kegiatan eksplorasi dan produksi PHE Abar dan PHE Anggursi.

Sultan Sepuh XV Keraton Kasepuhan Cirebon, Pangeran Raja Adipati (PRA) Luqman Zulkaedin pun memberikan apresiasi kepada PHE Abar dan PHE Anggursi atas kerja sama dan dukungan terhadap masyarakat Cirebon. Dia juga menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan hulu migas yang dilakukan PHE Abar - Anggursi.

"Diharapkan pengembangan hulu migas di wilayah pantura ini menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan hajat hidup warga, terutama Cirebon dan sekitarnya," tandas Sultan Sepuh. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement