Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Tingkatkan Mutu Karya Ilmiah Lewat Tugas Akhir

Jumat 09 Apr 2021 13:57 WIB

Red: Hiru Muhammad

Tugas Akhir merupakan karya ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa melalui proses bimbingan oleh dosen pembimbing dengan menggunakan kaidah dan norma penulisan karya ilmiah berdasarkan hasil kajian lapangan, pustaka, dan atau kajian lain yang sesuai dengan bidang keilmuan.

Tugas Akhir merupakan karya ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa melalui proses bimbingan oleh dosen pembimbing dengan menggunakan kaidah dan norma penulisan karya ilmiah berdasarkan hasil kajian lapangan, pustaka, dan atau kajian lain yang sesuai dengan bidang keilmuan.

Foto: istimewa
Dosen pembimbing utama atau asisten pembimbing harus berkoordinasi soal tugas akhir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tugas Akhir merupakan karya ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa melalui proses bimbingan oleh dosen pembimbing dengan menggunakan kaidah dan norma penulisan karya ilmiah berdasarkan hasil kajian lapangan, pustaka, dan atau kajian lain yang sesuai dengan bidang keilmuan.

Program studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukes melangsungkan kegiatan persamaan persepsi outline tugas akhir pada Rabu, 07 Maret 2021 pukul 13.00 – 15.00 WIB secara daring melalui zoom cloud meetings.

“Kegiatan ini diikuti oleh seluruh wilayah, mulai dari kampus utama hingga PSDKU seperti Kampus Bogor,  Karawang, Sukabumi, Tegal,  Surakarta dan  Pontianak,” kata kepala program studi Sistem Informasi Akuntansi, Adi Supriyatna, Kamis (8/4).

Adi menyampaikan pentingnya pemahaman dari dosen pembimbing tugas akhir tentang setiap outline Tugas Akhir.  Ini penting agar tidak ada perbedaan pendapat dalam outline tersebut serta target peningkatan mutu karya ilmiah dari Tugas Akhir mahasiswa Universitas BSI dapat tercapai. 

“Dengan adanya persamaan persepsi tugas akhir ini, diharapkan dosen pembimbing utama atau asisten pembimbing harus melakukan koordinasi dan memperhatikan terkait outline Tugas Akhir agar tidak ada kekeliruan saat membimbing,” katanya.

“Pemahaman dosen pembimbing tugas akhir di lingkungan prodi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) terhadap outline tugas akhir yang telah disiapkan terdapat tiga outline Tugas Akhir antara lain rancang bangun sistem informasi akuntansi, penerapan software akuntansi, dan aplikasi program interaktif,” ujar kepala program studi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI Kampus Pontianak, Lisnawanty.

Ia menambahkan, terdapat tiga outline pada Tugas Akhir periode ini yaitu rancang bangun sistem informasi akuntansi yang dapat dilakukan secara kelompok atau individu, penerapan software akuntansi yang dilakukan secara individu, aplikasi program interaktif yaitu pembuatan website, aplikasi desktop, animasi ataupun aplikasi mobile.

“Terkait kalender akademik pada pelaksanaan Tugas Akhir ini dengan harapan dosen pembimbing selalu mengingatkan kepada mahasiswa agar mahasiswa selalu mengingat untuk progres Tugas Akhir mereka,” ucapnya.

Ia berharap dengan adanya persamaan persepsi Tugas Akhir ini, dosen pembimbing dapat memahami dan sepemahaman mengenai outline tugas akhir ini, supaya tidak ada kendala saat bimbingan berlangsung. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA