Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Alumnus Universitas BSI Purwokerto Sukses Usaha Handcraft

Jumat 09 Apr 2021 10:16 WIB

Red: Budi Raharjo

alumnus Uchti Nur Rachmah dari Universitas BSI Kampus Purwokerto yang sukses geluti usaha.

alumnus Uchti Nur Rachmah dari Universitas BSI Kampus Purwokerto yang sukses geluti usaha.

Foto: Universitas BSI
Ada kendala yang dihadapinya dalam menstabilkan tingkat kebutuhan terhadap produk.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) tidak hanya sukses mencetak para programmer handal, namun Universitas BSI juga mampu menciptakan mahasiswa serta alumninya untuk terjun langsung dalam dunia bisnis. Salah satunya alumnus Uchti Nur Rachmah dari Universitas BSI Kampus Purwokerto yang sukses geluti usaha.

Uti sapaan akrabnya, mulai menggeluti usahanya di bidang handcraft sejak 2017. Bersama saudarinya, Ia merintis usaha yang diberi nama Elmeera Handcraft dari modal sendiri. Awalnya, Ia hanya bermaksud membantu memenuhi kebutuhan konsumen untuk menyediakan buket bunga. 

“Berawal dari keinginan konsumen untuk menyediakan buket bunga pada momen special seperti, wisuda, lamaran, ulang tahun ataupun acara pernikahan. Elmeera Handcraft memproduksi buket bunga dari kain flannel dan kertas ukuran besar,” jelas Uti dalam rilis yang diterima, Kamis (8/4). 

Menurut Uti, hal tersebut memberikan peluang besar yang memacunya untuk menggeluti dunia bisnis dan mampu membuat sebuah produk untuk dikomersilkan secara luas.  “Tren produk kreatif selalu mengalami perubahan dari masa ke masa, hingga tahun 2017 terdapat peluang meningkatnya kebutuhan buket bunga sebagai salah satu hadiah spesial di kalangan masyarakat,” imbuhnya. 

Berhasil meraih omset jutaan per bulan saat ini, Uti mengaku ada kendala yang dihadapinya dalam menstabilkan tingkat kebutuhan terhadap produk. Karena produk bersifat musiman dan hanya diperlukan pada momen spesial yang biasanya sudah terjadwal setiap tahunnya. Sehingga akan berpengaruh juga terhadap income yang didapatkan.

“Menjaga tren yang membuat jenis produk kreatif ini tetap langgeng, sehingga kebutuhan terhadap produk kreatif tetap terjaga. Inovasi produk juga tentu diperlukan agar tercipta variasi produk kreatif baru lainnya,” pesan Uti. 

Aprih Widayanto, selaku ketua BSI Entrepreneur Center (BEC) Purwokerto mengungkapkan bahwa Uti merupakan salah contoh alumni Universitas BSI yang sukses menggeluti usaha dengan meliha peluang di lingkungan sekitar. 

“Melihat peluang lingkungan sekitar dapat menjadi salah satu ide usaha, contohnya Elmeera Handcraft yang berhasil membuat buket bunga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Semoga Uti tetap semangat dalam menggeluti bisnisnya dan semakin maju usahanya,” tutup Aprih. 

 

Kata kunci : Alumnus UBSI, Usaha, BEC

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA