Jumat 09 Apr 2021 05:31 WIB

5 Pemain Thailand yang Merumput di Liga Jepang

Dua dari lima pemain Thailand itu masih bermain di J1 League hingga musim ini.

Chanathip Songkrasin saat membela timnas Thailand.
Foto: REUTERS/Joshua Paul
Chanathip Songkrasin saat membela timnas Thailand.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagai salah satu kekuatan sepak bola terbesar di Asia Tenggara, Thailand menghasilkan pemain yang merasakan panasnya atmosfer di Liga Jepang atau J.League. Tercatat, ada 18 pemain Thailand yang pernah membela klub Jepang sejak masih berstatus non-profesional hingga sekarang.

Pada 2017 sampai sekarang seperti jadi masa keemasan Thailand. Ada lima pemain dari negeri Gajah Putih yang memperkuat tim kasta teratas alias Meiji Yasuda J1 League. 

Berikut lima pemain tersebut:

1. Chanathip Songkrasin (Hokkaido Consadole Sapporo – 2017-sekarang)

Chanathip Songkrasin bergabung ke Hokkaido Consadole Sapporo mulai musim panas 2017, dalam kontrak pinjaman selama satu setengah musim dari Muangthong United. Chanathip menjalani debutnya di J1 League pada laga melawan Urawa Red Diamonds, 29 Juli 2017, menjadikannya pemain Thailand pertama yang bermain di kasta teratas Liga Jepang sejak era J.League dimulai pada 1993.

Pada musim 2018, ia membawa Consadole membuat rekor klub dengan finis di posisi keempat klasemen J1 League serta dipilih oleh rekan-rekan setimnya jadi pemain terbaik klub musim itu. Selain itu, ia juga masuk dalam susunan Pemain Terbaik J1 League musim tersebut.

Penampilan apik ini membuatnya dikontrak secara permanen mulai musim 2019 dan bertahan hingga saat ini. Total, Chanathip bermain 96 kali di J1 League dengan catatan 14 gol dan 15 assist.

Pemain berjuluk Messi dari Thailand ini seperti memiliki daya magis tersendiri, memberikan nyawa permainan di lini depan Consadole, biasanya berada di belakang penyerang, bertugas membuka ruang, serta jadi hantu bagi pertahanan lawan saat melakukan tusukan.

2. Theerathon Bunmathan (Vissel Kobe, Yokohama F. Marinos – 2018-sekarang)

Sama seperti Chanathip, Theerathon memulai pertualangan di J1 League sebagai pemain pinjaman dari Muangthong United. Pada tahun 2018 ia dipinjam oleh Vissel Kobe, membuatnya bisa bermain bersama bintang-bintang dunia seperti Lukas Podolski dan Andres Iniesta. Ia bermain total 37 kali di semua ajang musim itu.

Musim berikutnya, giliran Yokohama F. Marinos yang meminjam bek kiri timnas Thailand. Tak seperti di Vissel Kobe, peminjaman di Marinos berbuah kontrak permanen pada akhir musim 2019. Hal ini usai ia bermain 25 kali di J1 League musim itu dan mengantarkan Marinos jadi juara, sebuah prestasi luar biasa menjadi pemain Asia Tenggara pertama yang meraih gelar juara kompetisi kasta teratas Liga Jepang.

Total, kini ia sudah bermain 82 kali di Meiji Yasuda J1 League, 67 di antaranya untuk Yokohama F. Marinos, tim yang masih ia bela sampai musim ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement