Sejumlah Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Bandung  

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat

Petugas Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Pertamanan (Dpkp3) Kota Bandung mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa mobil di Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/4/2021).
Petugas Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Pertamanan (Dpkp3) Kota Bandung mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa mobil di Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/4/2021). | Foto: NOVRIAN ARBI/ANTARA

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Sebuah pohon besar di kawasan Jalan Bungur, Kota Bandung, dilaporkan tumbang, Kamis (8/4) siang. Pohon yang tumbang itu berdampak terhadap sejumlah kendaraan.

Menurut salah seorang saksi, Dadang Arrohman, pohon itu tumbang sekitar pukul 11.15 WIB. Ia mengatakan, saat itu tidak turun hujan, tapi angin berembus kencang. “Ada angin kencang, langsung (pohon) tumbang,” kata dia.

Saat kejadian itu, Dadang mengatakan, kondisi jalan relatif tidak terlalu ramai. Menurut dia, pohon yang tumbang itu menimpa sejumlah mobil yang ada di sekitarnya. “Ada dua mobil yang kena, itu posisinya di jalan, rusak agak parah. Di dalam juga ada tiga mobil yang kena pohon,” ujarnya.

Dilaporkan tidak ada korban akibat kejadian itu. Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Roslina, membenarkan ada lima mobil yang terdampak pohon tumbang. “Iya, satu yang parah merek Hyundai, satu kena kap dan kaca depan, Brio. Tiga lagi tergores, Innova, Ertiga dan Avanza,” kata dia.

Akibat kejadian pohon tumbang itu, badan Jalan Bungur sempat tertutup, sehingga arus lalu lintas sementara dialihkan. Roslina mengatakan, petugas DPKP3 langsung berupaya mengevakuasi pohon yang tumbang itu, dengan memotong menggunakan gergaji mesin.

Menurut Roslina, para pemilik mobil yang rusak akibat pohon tumbang itu bisa mengajukan santunan ke DPKP3. Syaratnya melampirkan surat keterangan dari kepolisian. “Itu memang bukan posisi tempat parkir, tapi ya ini kemanusiaan, makanya perlu dilampirkan surat keterangan dari kepolisian. Cuma kita juga tidak bisa maksimal, hanya santunan,” ujarnya.

Soal upaya antisipasi pohon tumbang, Roslina mengatakan, DPKP3 berupaya melakukan pengecekan dan pemeliharaan. Namun, ada kendala untuk melihat persoalan pada akar pohon. “Kita tidak memiliki alat itu (untuk mengecek kondisi akar). Kita hanya memangkas dan memotong agar ketika ada angin besar tidak terlalu berat bebannya,” kata dia.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Kota Bandung Borong Penghargaan PR Indonesia Award 2021

11 Pohon di Bantul Tumbang Terdampak Hujan dan Angin Kencang

Baru 2.000 Guru di Bandung yang Telah Divaksinasi

Disnaker Bandung Minta Perusahaan Bayar THR Sesuai Jadwal

Pemkot Bandung Mendata Pohon-pohon yang Rawan Tumbang

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image