Kamis 08 Apr 2021 21:15 WIB

Pertama Kali, Siswa Dua Benua Luncurkan IESCOP

Pelajar SD dan SLTP ini diajari global networking yang penting bagi diplomasi RI.

Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur
Foto: Dokumentasi KBRI Addis Ababa
Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur

REPUBLIKA.CO.ID, ADDIS ABABA – Terpisah oleh benua berbeda mendorong siswa dari dua negara meluncurkan program korespondensi, Indonesia-Ethiopia Student Correspondence Program (IESCOP) 2021, Kamis (8/4). Program ini diluncurkan Dirjen Asia Pasifik, Kementerian Luar Negeri Ethiopia, Molalign Asfaw, dan Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur, di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Addis Ababa.

 

“Program ini bertujuan antara lain untuk membangun persahabatan, pengertian dan pemahaman antarpelajar dari bangsa yang berbeda, sejak mereka berusia dini, melalui virtual meeting dan korespondensi,” kata Al Busyra dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Kamis.

“Generasi muda harus didorong dan disediakan fasilitas dan media untuk melakukan global networking, karena ke depan global networking akan menjadi salah satu kunci sukses anak-anak kita di dalam karir mereka serta sangat penting dalam diplomasi Indonesia,” tambahnya.

Peluncuran dihadiri oleh pelajar, guru, Indonesia-Ethiopia Youth Association dan Ethiopian Youth Federation. Program koresponden tersebut merupakan yang pertama kali diselenggarakan, tidak hanya antara Indonesia dan Ethiopia, bahkan juga di dunia yang melibatkan pelajar Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan Pertama. Hal ini diungkap Molalign dan Al Busyra Basnur.

Peserta IESCOP 2021 berjumlah 71 pelajar, masing-masing 49 dari Indonesia dan 22 dari Ethiopia. Dari Indonesia, peserta berasal dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur. Karena para pelajar berusia di bawah 18 tahun, maka mereka masih didampingi oleh guru dan atau orang tua masing-masing saat melakukan komunikasi. 

IESCOP 2021 digagas oleh KBRI Addis Ababa bekerja sama dengan Wisdom Education Academy Adama, lembaga pendidikan dan orang tua murid SD dan SLTP di Ethiopia dan Indonesia.

IESCOP 2021 menyelenggarakan virtual meeting secara berkala di bawah koordinasi KBRI Addis Ababa, dilanjutkan dengan korespondensi antarpelajar didampingi oleh guru dan orang tua masing-masing. Untuk satu tahun pertama, KBRI Addis Ababa menargetkan minimal 1.500 peserta aktif. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement