Kamis 08 Apr 2021 20:15 WIB

Empat Langkah Pilih Kampus Bagi Karyawan

Reputasi dan waktu perkuliahan jadi langkah pertama pilih kampus karyawan

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Bekasi membuka kelas karyawan dengan perkuliahan Jumat dan Sabtu dengan jam perkuliahan pagi dan malam
Foto: BSI
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Bekasi membuka kelas karyawan dengan perkuliahan Jumat dan Sabtu dengan jam perkuliahan pagi dan malam

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI – Kebanyakan dari mereka yang sudah lulus sekolah bingung mau lanjut kuliah atau bekerja, banyak pandangan yang mendasari keputusan mereka. Padahal melanjutkan belajar ke Perguruan Tinggi itu tidak akan membuat seseorang rugi dan membuang waktu.

“Hanya saja untuk melanjutkan belajar keperguruan tinggi adalah sebuah investasi. Kenapa dikatakan investasi karena pendidikan hasilnya tidak cepat, tapi menghasilkan dalam waktu jangka panjang,” tutur Kepala Kampus Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bekasi, Nicodias Palasara, Kamis (7/4).

Nico mengatakan, pendidikan menjadi salah satu faktor penting untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai harapan. Dengan semakin tinggi status pendidikan yang dimiliki, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan pekerjaan.

“Jika kalian bekerja dahulu setelah lulus, itu pun tidak masalah, asal pendidikan dapat dilanjutkan. Semakin tinggi pendidikan maka akan semakin baik posisi kerjanya,” pungkasnya.

Ia menjelaskan, lalu yang jadi permasalahan bagaimana sudah bekerja namun bisa tetap kuliah. Maka perlu mencari kampus dengan menyediakan kelas karyawan.

Berikut langkah-langkah dalam memilih kampus yang baik untuk karyawan:

1. Reputasi kampus

Langkah pertama yang menjadi tolak ukur yakni reputasi kampus, terkait dengan akreditasi B ataupun A, dengan akreditasi kita bisa mengetahui bahwa kampus tersebut terdata di data Forlap Dikti dan memiliki izin untuk melakukan belajar mengajar, lalu lihat juga nama kampusnya, pilih kampus yang sudah dikenal orang banyak, karena semakin banyak yang kenal, maka kampusnya baik dan kita tidak perlu khawatir tentang kualitas kampusnya karena bisa bertanya kepada orang sekitar.

2. Lokasi Kampus

Setelah sudah tahu tentang reputasi kampusnya, maka kita harus melihat lokasi kampus. Lokasi kampus dapat menjadi salah satu faktor penunjang prestasi kita belajar. Cari lokasi kampus yang dekat dengan pekerjaan kita dan tempatnya strategis yang mudah dilewati kendaraan pribadi dan kendaraan umum.

3. Jam Perkuliahan

Jam perkuliahan juga harus kita perhatikan. Pilihlah kampus dengan menyediakan kelas atau jadwal kuliah untuk karyawan. Dengan begitu kita bisa cukup lega karena pihak kampus sedikit banyaknya paham mengenai kondisi kita saat bekerja dan kuliah.

4. Program Studi

Selanjutnya pilih kampus yang program studinya banyak, agar kita bisa memilih program studi yang kita kuasai. Pilih program studi yang kita paham atau yang kita minati.

“Setelah mencari kampus yang sesuai dengan 4 langkah di atas yang sesuai.  Di Kota Bekasi dan sekitarnya, ada kampus yang sesuai dengan data yang diatas, yaitu kampus Universitas BSI (Bina Sarana Informatika),” ujarnya.

Ia mengatakan, kampus tersebut sangat dikenal semua lapisan masyarakat, dan terakreditasi B, lalu lokasi kampus yang tersebar di Indonesia. Salah satunya terletak di Jl. Cut Mutiah No.88, Bekasi Timur yang cukup dekat dengan wilayah industri Kota Bekasi.

“Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Bekasi membuka kelas karyawan dengan perkuliahan Jumat dan Sabtu dengan jam perkuliahan pagi dan malam. Maka dari itu, langsung saja kita ke Universitas BSI Kampus Bekasi silakan untuk daftarkan dirimu untuk bergabung menjadi mahasiswa Universitas BSI dengan cara unduh aplikasinya PMB-UBSI,”tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement