Kamis 08 Apr 2021 18:32 WIB

BKN: Usulan Formasi Guru PPPK Belum Capai 1 Juta

Tahun ini, selain formasi PPPK guru Pemerintah juga membuka formasi PPPK non guru.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agus Yulianto
Ujian Seleksi Tenaga PPPK: Peserta rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mengerjakan soal berbasis computer assisted test (CAT)
Foto: Antara/Destyan Sujarwoko
Ujian Seleksi Tenaga PPPK: Peserta rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mengerjakan soal berbasis computer assisted test (CAT)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen mengatakan, usulan formasi guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dari Pemerintah daerah saat ini belum mencapai angka satu juta. Padahal, Pemerintah menargetkan rekrutmen guru PPPK tahun ini untuk satu juta formasi.

"Yang kurang lebih sekitar, kuota guru saja targetnya satu juta walaupun formasinya sampai sekarang yang mengusulkan belum sampai satu juta," kata Suharmen dalam konferensi pers 'Pembukaan Registrasi Sekolah Kedinasan' secara virtual, Kamis (8/4).

Meski begitu, Suharmen menilai, jumlah 700 ribu formasi pegawai itu sudah sangat banyak. Suharmen menjelaskan, pada tahun ini, selain formasi PPPK guru Pemerintah juga membuka formasi PPPK untuk non guru. Sementara untuk, formasi CPNS terbagi melalui jalur umum dan sekolah kedinasan.

“BKN Menpan dan Panselnas berhati-hati mengatur penjadwalan agar tidak terjadi penumpukan jadwal didalam proses pelaksanaan seleksi,” katanya.

Karena itu, ia menyebutkan, tahun penerimaan pegawai aparatur sipil negara (ASN) tahun ini sangat berat. Karena rekrutmen ASN baik dari CPNS dan PPPK sangatlah banyak dibanding tahun sebelumnya.

“Sebenarnya tahun ini memang tahun berat. Jujur saja kami sampaikan tahun berat. Karena ini penerimaan besar-besaran yang kita lakukan. Dan ini sejarah sepanjang republik ini ada di dalam proses penerimaan calon ASN,” kata Suharmen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement