Ahli Gizi: Jaga Pola Makan Selama Ramadhan Penting

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

 Jumat 09 Apr 2021 08:10 WIB

Ahli Gizi: Jaga Pola Makan Selama Ramadhan Penting. Keluarga umat Muslim Bangladesh berdoa sebelum berbuka puasa di rumahnya pada bulan suci Ramadhan di Dhaka, Bangladesh, Rabu (13/5). Foto: EPA-EFE/MONIRUL ALAM Ahli Gizi: Jaga Pola Makan Selama Ramadhan Penting. Keluarga umat Muslim Bangladesh berdoa sebelum berbuka puasa di rumahnya pada bulan suci Ramadhan di Dhaka, Bangladesh, Rabu (13/5).

Selama Ramadhan, kita harus menerapkan pola gizi seimbang dan gaya hidup sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak terasa kurang dari sepekan, bulan suci Ramadhan akan tiba. Saat Ramadhan, umat Islam menjalankan beberapa ibadah khusus, salah satunya puasa.

Dalam bulan ini, penting bagi umat Islam untuk menjaga pola makannya. Wakil Dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) Katrin Roosita menjelaskan selama bulan Ramadhan, kita harus tetap menerapkan pola gizi seimbang dan gaya hidup sehat.

Baca Juga

Sholat tarawih merupakan bagian aktivitas fisik dan penting untuk pola hidup sehat. Selain aktivitas fisik, beberapa hal perlu diperhatikan, contohnya mengontrol makanan manis.

Makanan manis yang mengandung beberapa zat seperti di kurma, yakni fruktosa diperlukan bagi tubuh karena mudah diserap saat perut kosong. “Rasulullah menganjurkan makan kurma saat berbuka puasa. Itu akan mudah diserap dan tidak akan cepat menaikkan gula darah. Ini alasan mengapa lebih baik memilih gula yang berasal dari kurma dan buah lain,” kata Katrin kepada Republika.co.id, Kamis (8/4).

Bagi para pengidap diabetes, mereka harus berhati-hati untuk mengonsumsi makanan yang mengandung glukosa terlalu tinggi atau karbohidrat sederhana. Sebab, makanan yang mengandung dua hal tersebut dapat menaikkan glukosa dengan cepat.

Baca juga : Doa Menjelang Bulan Ramadhan

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X