Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Mesir Rencanakan Kompetisi Alquran di Ramadhan

Kamis 08 Apr 2021 07:56 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

Mesir Rencanakan Kompetisi Alquran di Ramadhan

Mesir Rencanakan Kompetisi Alquran di Ramadhan

Foto: republika
Kategori yang dilombakan adalah menghafal Alquran dan konsep Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Sejumlah negara telah merencanakan untuk membuat kompetisi Alquran untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan tahun ini, seperti dilakukan oleh pemerintah Mesir. Kementerian Awqaf Mesir mengumumkan rencananya menyelenggarakan lomba Alquran saat Ramadhan

Seperti dilansir Iqna.ir pada Kamis (8/4) kementerian itu mengatakan bahwa yang akan diperlombakan adalah kategori menghafal Alquran dan konsep Alquran.

Pemerintah Mesir merencanakan babak penyisihan dijadwalkan mulai pada 13 dan 14 April. Pemenang akan diumumkan pada 18 April untuk ambil bagian dalam tahap final. Hadiah uang tunai mulai dari 15 ribu hingga 300 ribu pound Mesir akan diberikan kepada pemenang.

Baca Juga

Begitu juga dengan Uni Emirat Arab (UEA) yang tengah menyusun agenda kompetisi Alquran secara daring Ramadhan nanti. Kompetisi ini akan dimotori oleh pusat menghafal Alqruan Maktoum yang rutin menyelenggarakan kompetisi Alquran setiap tahun.

Karena masih terjadinya pandemi Covid-19, maka panitia memutuskan mengadakan komopetisi Alquran secara daring. Akan ada lima kategori yang akan diperlombakan termasuk di menghafal seluruh Alquran, menghafal 20 juz (bagian) dan menghafal 15 dan 10 juz.

Direktur pusat menghafal Alqruan Maktoum Hamid al-Khazraji mengatakan kompetisi itu bertujuan mendorong menghafal kitab suci pada berbagai kelompok usia. Mereka yang ingin berpartisipasi dalam kompetisi itu juga harus menunjukan kualitas bacaan dengan tajwidnya.

Baca juga : Jelang Ramadhan, Warga Arab Saudi Penuhi Mal dan Pasar

Sementara beberapa hari llau Mauritania juga telah menyiapkan kompetisi Alquram edisi ke-4 menyambut Ramadhan yang akan diikuti para siswa sekolah. Lebih dari 250 siswa laki-laki dan perempuan yang berhasil lolos babak seleksi mengikuti kompetisi tersebut.

Kompetisi Alquran itu diselenggarakan oleh sebuah badan amal yang bekerja sama dengan pusat Alquran di Mauritania. Kompetisi itu juga menghadirkan sejumlah tokoh Muslim, pendakwah serta penghafal Quran ternama sebagai juri. 

Para peserta yang mengikuti kompetisi itu terbagi dalam beberapa kategori perlombaan. Ada kategori menghafal Alquran penuh, ada juga kategori 15 juz dan 7 juz. Babak penyisihan kompetisi Alquran ini telah diselenggarakan pada Ahad. Rencananya babak final akan diselenggarakan pada Ramadhan.

photo
Membaca Alquran (ilustrasi) - (republika)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA