Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Siswi Muhammadiyah Raih 13 Medali Sains Selama Pandemi

Kamis 08 Apr 2021 07:29 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Siswi Muhammadiyah aktif mengikuti kompetisi sains selama pandemi. Logo Muhammadiyah.

Siswi Muhammadiyah aktif mengikuti kompetisi sains selama pandemi. Logo Muhammadiyah.

Foto: Antara
Siswi Muhammadiyah aktif mengikuti kompetisi sains selama pandemi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Seorang siswi SMP Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat Surakarta berhasil menyabet tiga belas medali dalam berbagai perlombaan yang diikutinya sejak pandemi Covid-19. Ia adalah Indira Pramesthi Ermina Ramadhani, siswi kelas 7 SMP Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat Surakarta. 

Ia berhasil meraih 13 medali baik emas, perak dan perunggu perlombaan tingkat nasional selama pandemi berlangsung. Salah satunya yaitu medali perak dalam perlombaan Madrasah Olympiad Contest 2021 (MOC) tingkat nasional yang digelar secara daring pada akhir Maret lalu.  

Indira mengaku sudah mengikuti perlombaan secara daring sejak Agustus 2020 di mana ia meraih 3 medali emas, perak, dan perunggu untuk masing-masing jenis lomba. Perlombaan yang diikutinya adalah ruang guru champion, primagama, dan world olympic sains. 

Baca Juga

“Alhamdulillah saya pernah masuk top 100 besar dari ribuan peserta dalam perlombaan OSN Makarim Institute,” kata Indira seperti rilis humas SMP PK Muhammadiyah Kota Barat yang diterima Republika.co.id pada Rabu (7/4).  

Secara rinci ketiga belas prestasi yang pernah diraihnya yaitu medali emas IPA World Olympic Science, medali perak Matematika World Olympic Science, medali perunggu bahasa Inggris World Olympic Science, medali perak MQMC, medali perunggu Olimpiade Numerasi dan Literasi POSI, medali emas Biologi Junior Competition, medali perak Fisika Junior Competition, medali emas bahasa Inggris ISC (Indonesian Science Competition), medali perunggu MSC POSI Matematika SMP, medali perak Matematika Sains EMP, medali perak IPA Sains EMP, medali perunggu IPS Sains EMP, dan medali perak Matematika Madrasah Olympiad Contest 2021 (MOC). 

Kurang lebih ada 50 jenis perlombaan Sains pernah diikutinya. Setiap Sabtu dan Ahad ia memanfaatkan waktu untuk mengikuti 3-7 lomba secara daring. 

“Tidak pernah ada rasa bosan karena selalu merasa tertantang dengan soal sehingga bisa menemukan soal variasi baru dan model baru. Biasanya setiap Sabtu dan Minggu mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Informasi lomba diperolehnya dari telegram, instagram, dan info sekolah,” katanya. 

Kepala SMP Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat, Muhdiyatmoko, mengaku bangga atas prestasi yang dicapai anak didiknya. Dia berharap para siswanya agar terus menjaga motivasi untuk berprestasi. 

“Selama ini kita terus memotivasi siswa agar terus produktif. Pencapaian 120 prestasi yang diraih sekolah tahun ini meski pandemi merupakan hal yang luar biasa,” tuturnya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA