Bangka Barat Siapkan Safari Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

 Kamis 08 Apr 2021 06:50 WIB

Bangka Barat Siapkan Safari Ramadhan. Masjid Jami di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung.    (Republika/Akbar) Bangka Barat Siapkan Safari Ramadhan. Masjid Jami di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung. (Republika/Akbar)

Safari Ramadhan tahun ini akan digelar di enam masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, MENTOK -- Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan kegiatan Safari Ramadhan 1442 Hijriyah di sejumlah masjid. Safari akan digelar dengan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

"Untuk bulan Ramadhan tahun ini akan digelar di enam masjid dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan sesuai Surat Edaran Menteri Agama Nomor 03 tahun 2021 tentang Panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriyah," kata Plt. Kepala Bagian Sosial dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat, Agus Sunawan, Rabu (7/4).

Ia menjelaskan, enam lokasi yang akan dijadikan tempat kegiatan Safari Ramadhan sampai saat ini masih belum ditentukan karena masih menunggu koordinasi hasil dengan pimpinan daerah terpilih. "Kemungkinan bupati dan wakil bupati Bangka Barat terpilih akan dilantik pada akhir bulan ini, nanti lokasi akan kami tentukan sesuai arahan atasan," katanya.

Baca Juga

Ia menjelaskan, tahun ini jumlah kegiatan safari Ramadhan berkurang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena masih terjadi pandemi Covid-19 yang menuntut warga mengurangi berbagai kegiatan berkumpul. Selain itu, di Pemkab Bangka Barat juga terjadi penyusunan ulang penganggaran yang banyak difokuskan pada penanganan pandemi Covid-19 sehingga tidak memungkinkan menambah jumlah pelaksanaan kegiatan safari Ramadhan.

"Tahun-tahun sebelumnya untuk safari Ramadhan biasanya kita gelar di 13 lokasi, namun tahun ini cukup enam kali," katanya.

Baca juga : Kemenag Izinkan Tarawih di Masjid dengan 50 Persen Jamaah

Selain mengurangi jumlah kegiatan, berbagai bantuan untuk rumah ibadah yang biasa disalurkan bersamaan dengan safari Ramadhan, seperti karpet, jam dinding, pengeras suara dan lainnya juga belum bisa dilakukan karena terkendala anggaran. Meskipun demikian, panitia akan menyiasati dengan menggandeng seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang memiliki kegiatan berupa bantuan kepada masyarakat untuk diserahkan pada saat safari Ramadhan.

Misalnya, Dinas Pendidikan memiliki kegiatan bantuan peralatan sekolah, maka akan diminta diserahkan saat kegiatan Safari Ramadhan. "Kami sudah melayangkan surat kepada dinas-dinas lain untuk membantu menyemarakkan Safari Ramadhan sekaligus ikut berbagi di bulan penuh berkah," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X