Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Tujuh Cara Sederhana Rayakan Ramadhan Tahun Ini

Kamis 08 Apr 2021 04:34 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Muhammad Hafil

Ilustrasi Ramadhan

Ilustrasi Ramadhan

Foto: Pixabay
Ramadhan tahun ini bisa dirayakan dengan tujuh cara ini.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Tinggal menghitung hari, bulan suci Ramadhan akan tiba. Di Amerika Serikat, Ramadhan dimulai sekitar 13 April 2021 dan selesai sekitar 12 Mei 2021. Umat Islam memaksimalkan ibadah di bulan suci ini. Demi menyambut datangnya bulan suci ada tujuh cara yang bisa dilakukan, seperti dilansir Real Simple, Rabu (7/4):

1. Rayakan dengan kurma

Dalam budaya Muslim, selama Ramadhan mereka mengonsumsi buah kurma ketika berbuka puasa. Mereka biasanya hanya menyimpan kurma di dalam dus. Itu sangat terlihat membosankan. Agar menjadi lebih indah, taruhlah kurma di tempat mangkuk dekoratif atau pindahkan kurma ke mangkuk lalu bisa tutup dengan cloche supaya membantu kurma tetap segar.

Baca Juga

Anda juga bisa pajang di mangkuk dapur atau di bufet. Supaya tidak terlihat sepi, Anda bisa menaruh kacang-kacangan seperti almond dan kenari.

2. Lentera

Dahulu sebelum ada listrik, orang menggunakan lentera minyak sebagai sumber cahaya untuk membantu mereka menjalankan tradisi malam Ramadhan. Saat ini, Anda masih dapat menggunakan lentera dekoratif yang dioperasikan dengan baterai di dalam rumah. Itu dapat membantu Anda memberikan kemeriahan Ramadhan.

3. Lilin beraroma

Lilin beraroma harum membuat rumah Anda menjadi sejuk. Anda bisa pilih aroma yang sesuai dan nyalakan lilin di malam hari di bulan Ramadhan, terutama sepuluh malam terakhir Ramadhan. Jika Anda lebih menyukai dupa, Anda dapat menemukan banyak pilihan misalnya beberapa untuk mengatasi sakit kepala.

4. Berbagi buka puasa dengan tetangga

Makanan adalah cara yang bagus untuk menyatukan orang. Saat menyiapkan buka puasa, berikan makanan Anda kepada tetangga. Jika Anda bukan penggemar memasak, Anda dapat mempertimbangkan untuk menyiapkan kotak roti atau keranjang makanan yang diisi informasi tentang Ramadhan.

Baca juga : Kemenag Izinkan Tarawih di Masjid dengan 50 Persen Jamaah

5. Bungkus hadiah

Saat Idul Fitri nanti, selain uang tunai, Anda bisa memberikan hadiah kepada orang terdekat Anda, terumata anak-anak. Hiasi hadiah dengan pita dan kertas kado yang lucu. Anda dapat bebas mendekorasi sekreatif mungkin. Hadiah yang diberikan bisa berupa buku, camilan, dan mainan.

6. Menulis kartu Idul Fitri

Kartu Idul Fitri adalah cara yang bagus untuk merayakan liburan bersama keluarga dan teman dekat. Anda dapat menggunakan kartu Idul Fitri untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada anggota komunitas di masjid, seperti imam atau guru sekolah anak Anda.

Jika Anda memiliki kerabat yang lebih tua, Anda juga bisa menulis kartu Idul Fitri. Itu akan membawa mereka kebali ke saat surat merupakan alat komunikasi terpenting.

7. Kerajinan dengan anak-anak

Saat orang dewasa berpuasa, anak-anak terkadang merasa bosan selama Ramadan. Buat anak-anak tetap terlibat sepanjang bulan dengan kerajinan tangan bertema variasi. Balita dan anak-anak sekolah dasar akan menyukai kerajinan teropong penglihatan bulan. Buatlah satu atau dua hari sebelum Ramadhan dimulai dan lihat apakah Anda dapat melihat bulan sabit yang menandakan awal bulan. 

SUMBER:

https://www.realsimple.com/holidays-entertaining/holidays/simple-ways-to-celebrate-ramadan-eid-al-fitr

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA