Kamis 08 Apr 2021 03:55 WIB

Liga Champions, Chelsea Bungkam Porto dengan Skor 2-0

Chelsea berhasil menang atas Porto pada leg pertama perempat final Liga Champions

Ben Chillwell usai mencetak gol kemenangan Chelsea ke gawang Porto pada pertandingan Kamis (8/4) dini hari WIB.
Foto: EPA
Ben Chillwell usai mencetak gol kemenangan Chelsea ke gawang Porto pada pertandingan Kamis (8/4) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, SEVILLA -- Chelsea sukses mengalahkan tuan rumah Porto, 0-2, pada pertandingan leg pertama babak perempat final Liga Champions di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, Kamis (8/4) dini hari WIB. Gol keunggulan the Blues dicetak oleh Mason Mount dan Ben Chilwell.

Kedua tim bermain hati-hati di awal pertandingan. Pertarungan antara the Blues vs the Dragon pun lebih banyak terjadi di lapangan tengah. Kedua tim sama-sama nyaris tidak menciptakan serangan-serangan berbahaya ke kubu lawan masing-masing, sepanjang 15 menit jalannya pertandingan di babak pertama.

Baca Juga

Perlahan, Porto mulai meningkatkan intensitas serangan. Beberapa kali skuat asuhan Sergio Conceicao mengurung pertahanan pasukan Thomas Tuchel. Namun, tidak serang-serangan yang dilancarkan Porto hanya menghasilkan tendangan pojok saja, dan tak ada satupun yang bisa dikonversi menjadi gol.

Tak mau terus ditekan, Chelsea kemudian ikut meningkatkan intesitas serangannya. Hasilnya, Chelsea berhasil mencuri gol pembuka pada menit ke-31. Jorginho mengirimkan umpan dari luar kotak penalti ke Mason Mount. Pemain bernomor punggung 19 itu kemudian berhasil mengelabuhi pemain belakang Porto, sebelum melepaskan tembakan tak terjangkau oleh kiper Porto di sisi pojok gawang.

Unggul 1-0, Chelsea tetap tak mengurangi tekanan. Sementara Porto mati-matian mencari gol penyeimbang. Namun, hingga babak pertama usai, skor tak berubah, the Blues unggul 1-0 atas the Dragon di babak pertama.

Baca juga : Tiger Woods Pacu Mobil 140 km per Jam Saat Kecelakaan

Memasuki babak kedua, Porto langsung mengambil inisiatif serangan untuk mengejar defisit gol. Serangan yang dibangun lewat sayap melalui Luis Diaz dan Corona, mampu merepotkan barisan pertahanan. Penyerang Porto Marega juga punya sejumlah peluang bersih untuk mencetak gol penyeimbang. Namun, kokohnya barisan pertahanan dan apiknya penampilan kiper Chelsea Mendy, membuat tak ada satupun peluang yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Sementara Chelsea, lebih banyak melakukan serangan balik ke gawang Porto. Chelsea nyaris mengandakan peluang pada menit ke-59. Berawal dari tendangan keras yang dilepaskan Rudiger dari luar kotak penalti, bola tak bisa diamankan dengan sempurna oleh kiper Porto. Bola yang terlepas kemudian di sambar oleh Timo Werner. Namun, sayang pemain itu gagal mengkonversi peluang matang tersebut.

Pada menit ke-65, Tuchel melakukan pergantian pemain dengan menarik Werner dan Kai Havertz kemudian memasukan Pulisic dan Giroud. Tuchel kembali melakukan pergantian dengan menarik Mason Mount dan memasukan Kante pada menit ke-80 serta memasukan Thiago Silva menggantikan Recce James. Sementara Conceicao juga melakukan pergantian pemain Porto dengan menarik Manafa, Marega, serta Otavio dan memasukan Conceicao, Martinez serta Viera.

Chelsea kembali punya peluang untuk memperbesar kedudukan pada menit, sayang tembakan Pulisic membentur tiang. The Blues akhirnya mengunci kemenangan melalui gol Chillwell pada menit ke-84. 

Berawal dari serangan balik, Jorginho melepaskan umpan dari setengah lapangan. Bola yang tak bisa dikuasai sepenuhnya oleh pemain belakang Porto berhasil dicuri oleh Chilwell. Pemain itu kemudian melakukan solo run dan mengecoh kiper Porto dan akhirnya melepaskan tembakan pelan ke gawang yang sudah tidak terkawal. Chelsea 2-0 Porto.

Hingga peluit babak kedua usai tidak ada lagi gol tambahan. Chelsea berhasil menang di leg pertama babak perempat final Liga Champions atas Porto dengan skor 2-0.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement