Rabu 07 Apr 2021 23:05 WIB

Jelang Ramadhan, Gelar Budaya Titis Agung Kembali Digelar

Budaya Titis Agung kembali digelar jelang Ramadhan.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Hafil
 Jelang Ramadhan, Gelar Budaya Titis Agung Kembali Digelar. Foto: Ilustrasi Ramadhan
Foto: Pixabay
Jelang Ramadhan, Gelar Budaya Titis Agung Kembali Digelar. Foto: Ilustrasi Ramadhan

IHRAM.CO.ID, SLEMAN -- Gelar budaya Titis Agung kembali digelar Dusun Nglengkong, Kalurahan Sumberejo, Kapanewon Tempel. Ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun jelang memasuki bulan Ramadhan dalam rangka melestarikan adat dan tradisi masyarakat.

Pada kesempatan itu, Bupati Sleman, Kustini Purnomo, berkesempatan mengikuti prosesi penuangan air suci. Air sendiri sebelumnya lebih dulu diambil dari sumber-sumber mata air yang berada di 10 padukuhan di Kalurahan Sumberrejo.

Baca Juga

Lalu, dilakukan kirab dengan arak-arakan bergodo yang mengawal tumpeng pungkur dan ubo rampenya menuju Pasareyan Lengkong milik Ndalem Kraton Ngayogyakarta.

Pagelaran sosio drama yang diperankan warga Sumberrejo ikut memeriahkan acara.

Dalam sambutannya, Kustini memberi apresiasi atas kembali diselenggarakannya gelar budaya tersebut. Ia berpendapat, penyelenggaraan agenda ini jadi salah satu sarana untuk dapat mempererat tali silaturahmi dan ukhuwah masyarakat.

"Kegiatan ini patut mendapatkan dukungan sepenuhnya dari kita semua mengingat arus globalisasi menyebabkan kebudayaan berkembang tanpa batas," kata Kustini Rabu (7/4).

Apalagi, perkembangan kebudayaan kini dinilai kerap menimbulkan persengketaan perihal hak milik sebuah produk budaya. Menurut Kustini, itu menjadi tanggung jawab bersama dalam melestarikan dan mempertahankan adat dan budaya daerah.

Meski begitu, ia menekankan, dalam melaksanaan gelar budaya tersebut mereka tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pasalnya, pandemi covid-19 masih berlangsung tidak cuma di Sleman, tapi di DIY, Indonesia dan dunia.

"Kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan mengingat saat ini masih adanya pandemi," ujar Kustini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement