Kamis 08 Apr 2021 04:39 WIB

Infografis Suntikan Vaksin Covid-19 Bagi Ibu Menyusui

Di Indonesia ibu menyusui dibolehkan untuk divaksinasi Covid-19

Foto: Republika
Vaksinasi bagi ibu menyusui.

REPUBLIKA.CO.ID, Program vaksinasi akan segera bergulir bagi masyarakat umum di luar kelompok yang masuk tahap I dan II. Bagi Anda yang sedang menyusui, vaksinasi Covid-19 dianjurkan.

Ketua Tim Advokasi Pelaksanaan Vaksinasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Iris Rengganis, mengatakan vaksin Covid-19 memungkinkan untuk diberikan kepada ibu menyusui.

Baca Juga

Sejak 15 Februari 2021, pemerintah telah memperbolehkan ibu menyusui untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. Vaksin kepada ibu menyusui tidak hanya memberikan manfaat bagi sang ibu. Namun, juga pada anak yang menerima ASI.

Sejumlah organisasi di Amerika merekomendasikan ibu menyusui divaksinasi. Beberapa di antaranya adalah American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) dan Academy of Breastfeeding Medicine (ABM).

Namun, bagi perempuan yang berencana hamil disarankan menunda dulu kehamilannya sampai mendapatkan vaksinasi Covid-19. Penundaan program kehamilan dapat dilakukan paling lama 4 minggu setelah mendapatkan vaksinasi terakhir Covid-19, untuk menghindari KIPI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement