Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Minari, Film Korea yang Raih 6 Nominasi Oscar 2021

Rabu 07 Apr 2021 17:53 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Minari.

Minari.

Minari, film Korea, raih enam nominasi Oscar.

VIVA – Film Korea Selatan, Minari yang tayang pada 2020 lalu tengah menjadi perbincangan hangat, setelah masuk dalam nominasi ajang bergengsi piala Oscar 2021. Tak tanggung-tanggung, Minari meraih enam nominasi Oscar 2021 yang dihelat 26 April mendatang.

Antara lain kategori Best Picture, Best Actor (Steven Yeun), Best Supporting Actress (Youn Yuh Jung), Best Original Score, Best Director dan Best Original Screenplay.

Dengan demikian, film ini menjadi film Korea Selatan kedua setelah Parasite yang berhasil masuk ajang penghargaan film paling prestisius di dunia itu.

Dilansir dari Screen Rant, Rabu, 7 April 2021, Minari terinspirasi dari kehidupan yang dijalani sang sutradara, Lee Isaac Chung. Sejumlah momen di film itu pernah dialami Chung. Lantas, seperti apa sinopsis Minari?

 

Premis film ini mengambil inspirasi dari kehidupan nyata masa kecil Chung. Ayah Chung, mengajak keluarganya ke Arkansas untuk mewujudkan mimpinya menjadi seorang petani. Ayah Chung bahkan diketahui membeli tanah pertanian di Ozarks.  

Banyak dari alur cerita dan momen Minari diambil dari kenangan masa kecil Chung. Dalam sebuah esai yang ditulis untuk Los Angeles Times, sutradara tersebut mengatakan bahwa dia menghabiskan sore hari untuk menulis kenangan masa kecilnya.

Klik halaman berikutnya untuk tahu lebih banyak.

Hal ini menyebabkan perluasan memori yang pada akhirnya menjadi kerangka inti tema naratif dan alur cerita film. Namun, film tersebut hanya semi-otobiografi.  

Secara umum, Minari berbicara tentang pengalaman keluarga imigran. Film ini merupakan cerminan dari keluarga imigran generasi pertama di Amerika Serikat, yang mencoba mencari nafkah untuk diri mereka sendiri.

Selain itu, film ini menceritakan tentang kesulitan asimilasi, rasa kesepian yang dialami akibat imigrasi dan merasa sebagai “orang lain" di AS.

Film Minari juga melukiskan gambaran yang melelahkan tentang pekerjaan dan betapa sulitnya untuk bekerja di AS dengan keterbatasan sarana dan peluang finansial.

Sinopsis Minari

Pada tahun 1983, keluarga Yi yang merupakan imigran Korea, pindah dari California ke tanah baru mereka di pedesaan Arkansas, di mana sang kepala rumah tangga, Jacob berharap bisa menanam hasil bumi Korea untuk dijual ke penjual di Dallas.

Jacob diketahui memilih menggali sumur sebagai sumber air di tempat yang dia temukan sendiri. Dia meminta bantuan Paul, seorang pria lokal yang eksentrik, dan veteran Perang Korea.  

Baca artikel ini sampai selesai untuk melanjutkan.

Sementara Jacob optimis tentang kehidupan yang akan datang, istrinya, Monica, merasa kecewa dan khawatir tentang kondisi jantung putra mereka David.

Hubungan kedua suami istri itu kurang harmonis dan sering terlibat pertengkaran. Pertengkaran keduanya pun sempat membuat David dan saudara perempuannya, Anne mendengarnya.

Mereka kemudian mengatur agar ibu Monica, Soon Ja melakukan perjalanan dari Korea Selatan ke AS untuk mengawasi David dan Anne.

Kedatangan Soon Ja ke Amerika pun membuat David terpaksa berbagi kamar dengannya. David juga enghindarinya karena dia tidak sesuai dengan harapannya tentang bagaimana seharusnya seorang nenek.

Di mana Soon Ja digambarkan sebagai sosok nenek yang licik, bermulut kotor, namun sangat penyayang. Soon Ja juga berusaha menyesuaikan diri dengan kehidupan di AS dan terikat dengan cucu-cucunya.

Di tengah ketidakstabilan dan tantangan kehidupan baru di Ozarks yang keras, film Minari menunjukkan ketahanan keluarga yang tak terbantahkan dan makna rumah yang sebenarnya.

Untuk diketahui, film Minari dibintangi oleh Steven Yeun, Han Ye Ri, Alan Kim, Noel Kate Cho, Youn Yuh Jung dan Will Patton. Minari juga telah mengantongi 95 penghargaan dan 215 kali masuk nominasi penghargaan.

Salah satu penghargaan paling bergengsi yang diterima Minari adalah sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik di ajang Golden Globes 2021.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA