Rabu 07 Apr 2021 18:01 WIB

Harga Cabai Merah di Pariaman Naik Jelang Ramadhan

Harga cabai merah di Pariaman naik dari Rp33 ribu per kilogram jadi Rp48 ribu per kg.

Cabai merah. Ilustrasi
Foto: ANTARA/Jojon
Cabai merah. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PARIAMAN -- Harga cabai merah di Kota Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar) naik menjelang Ramadhan. Harga dari Rp33 ribu perkilogram kini menjadi Rp48 ribu per kilogram. Kenaikan disebut akibat cuaca buruk.

"Harga cabai naik, kalau komoditas lainnya relatif stabil," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit di Kota Pariaman dikutip dari Antara, Rabu (7/4).

Ia mengatakan cabai di Kota Pariaman tidak saja berasal dari luar Sumbar namun juga dalam provinsi itu. Namun dalam pekan terakhir provinsi itu mengalami cuaca tidak menentu sehingga mempengaruhi harga cabai di daerah tersebut.

Ia menyampaikan untuk komoditas lainnya terpantau masih stabil. Adapun komoditas lainnya dan harganya yaitu minyak goreng curah Rp14 ribu per kilogram, minyak goreng kemasan Rp14.000 per liter. Lalu gula Rp13 ribu per kilogram, cabe rawit Rp42 ribu perkilogram, cabe hijau Rp40 perkilogram, bawang merah Rp29 ribu perkilogram, dan bawang putih Rp25 ribu per kilogram.

Selanjutnya daging sapi Rp130 ribu per kilogram, daging ayam Rp25 per kilogram, daging ayam kampung Rp50 ribu per kilogram, beras 42 Pariaman Rp12 ribu per kilogram, dan beras cisokan solok Rp15 ribu per kilogram.

Seterusnya beras jenis anak daro Rp12 ribu per kilogram, beras jenis sokan Pariaman Rp13 ribu per kilogram, telur ayam ras Rp19 ribu per kilogram, telur ayam kampung Rp33 ribu per kilogram, dan kacang hijau Rp29 ribu per kilogram.

Untuk harga kacang tanah Rp28 ribu per kilogram, tepung dari Rp7 ribu hingga Rp8,5 ribu per kilogram tergantung jenisnya, garam halus Rp7 ribu per kilogram sedangkan garam kasar Rp5 ribu per kilogram.

Sebelumnya harga cabai merah di sejumlah pasar di Kota Pariaman, Sumatra Barat mengalami fluktuasi menjelang libur Natal 2020 dan tahun baru 2021 diakibatkan cuaca yang tidak menentu. "Ini diakibatkan oleh cuaca," kata Gusniyetti.

Ia menyebutkan pada tiga yang minggu lalu harga cabai di Pariaman rata-rata mencapai Rp45 ribu per kilogram, dua minggu yang lalu naik menjadi Rp52 ribu per kilogram, lalu minggu kemarin turun menjadi Rp48 ribu per kilogram, dan pada minggu ini menjadi Rp60 ribu per kilogram.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement