Rabu 07 Apr 2021 16:32 WIB

'Saat Pulang, Siswa dan Guru Nongkrong tak Mematuhi Prokes'

P2G melakukan evaluasi terhadap 16 provinsi yang sudah mulai melakukan PTM terbatas.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Mas Alamil Huda
KBM Tatap muka di Kota Palembang ditunda akibat meningkatnya Covid-19. Ilustrasi
Foto: ANTARA FOTO/Siswowidodo
KBM Tatap muka di Kota Palembang ditunda akibat meningkatnya Covid-19. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) menemukan masih terjadi pelanggaran dalam uji coba pertemuan tatap muka (PTM) di sekolah. Hal itu diketahui saat P2G melakukan evaluasi terhadap 16 provinsi yang sudah mulai melakukan PTM terbatas.

Menurut P2G, masih ada sekolah yang melanggar protokol kesehatan saat pembelajaran berlangsung. "Contoh kasus yang banyak terjadi, guru dan siswa tidak memakai masker. Adapun memakai masker, tetapi tidak sesuai protokol kesehatan, karena hanya dipakai di dagu saja," kata Kabid Advokasi P2G, Iman Zanatul Haeri, Rabu (7/4).

Selain itu, pelanggaran juga masih terlihat yaitu tidak menjaga jarak. Iman mengatakan, guru menilai hal ini karena faktor anak lama tidak berjumpa akhirnya lupa untuk menjaga jarak.

Menurut Iman, pelanggaran juga terjadi di luar sekolah. Saat pulang, kata dia, siswa dan guru terlihat berkerumun, nongkrong tanpa mematuhi protokol kesehatan, tidak menjaga jarak dan tidak menggunakan masker.

Saat ini, beberapa daerah yang sudah melakukan PTM antara lain adalah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah. Selain itu, juga dilakukan di Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, NTT, Papua dan Papua Barat.

P2G juga melihat, vaksinasi bagi guru dan tenaga kependidikan saat ini masih belum merata. Laporan dari P2G daerah di Kepulauan Sangihe, vaksinasi untuk guru baru dilakukan untuk guru SMA/SMK. Guru PAUD, SD, dan SMP belum dilakukan vaksinasi.

Selain itu, di Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, Kota Bukittinggi, dan Kabupaten Agam, sebagian besar sekolah sudah mulai tatap muka. Namun guru dan tenaga kependidikan belum tuntas divaksinasi.

Guru yang belum divaksinasi lainnya adalah guru dan tenaga pendidikan di sebagian besar wilayah Provinsi Aceh. Selain itu juga guru di kota Medan dan Kota Tebing Tinggi, guru SMA/SMK di Kabupaten Penajam Paser Utara. "Lalu guru SD di Kab. Bintan, guru di Kota Bandung juga belum. Sedangkan di Kota Metro, vaksinasi guru sedang dijadwalkan," kata Iman menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement