UMP Kembangkan Durian Unggul dari Seluruh Indonesia

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih

Durian. ilustrasi
Durian. ilustrasi | Foto: ANTARA/Irwansyah Putra

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) semakin fokus mengembangan penelitian di bidang pertanian. Setelah berhasil mengembangkan bibit kelapa kopyor melalui kultur jaringan, UMP saat ini juga mulai fokus mengembangkan penelitian untuk tanaman durian.

Hal ini ditandai adanya koleksi tanaman durian dari berbagai daerah di Indonesia. ''Saat ini ada 23 varietas durian unggulan yang kami tanam di di Kebun Koleksi Varietas Durian Unggul UMP,'' kata Dekan Fakultas Pertanian dan Perikanan Sulistyani Budiningsih MP, Rabu (7/5).

Dia menyebutkan, bibit tanaman tersebut dikumpulkan dari berbagai daerah melalui kerjasama dengan Badan Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Tropika Kementan. ''Melalui kerjasama ini, kami akan berupaya untuk terus menambah koleksi varietas durian di kebun UMP,'' jelasnya.

Bahkan pada April, akan datang berbagai bibit jenis durian dari berbagai daerah lain yang masih belum ada di kebun UMP. ''Di Indonesia ada sangat banyak jenis durian. Masing-masing jenis memiliki sifat unggul yang berbeda-beda,'' jelasnya.

Baca Juga

Dia menyatakan, dengan banyaknya koleksi yang dimiliki, maka mahasiswa UMP yang tertarik di bidang tanaman durian, bisa melakukan riset atau penelitian di kebun tersebut. Dengan banyaknya jenis durian di kebun UMP, mahasiswa atau dosen bisa melakukan penelitian sehingga bisa menemukan jenis durian yang benar-benar unggul.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Aman Suyadi MP, mengapresiasi fakultas pertanian UMP yang saat ini sedang mengembangkan kebun durian yang terdiri dari berbagai varietas durian.

''Ke depan itu, kebun ini bisa digunakan sebagai tempat penelitian dan kerja praktik para mahasiswa. Bahkan dengan persilangan antar durian, diharapkan  bisa diperoleh bibit durian yang benar-benar unggul sehingga bisa memberi manfaat bagi masyarakat,'' katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


UMP Kembangkan Game Online Edukasi Mitigasi Bencana

Game Online Edukasi Mitigasi Bencana Dikembangkan

Rektor UMP Kembangkan Kampus sebagai Kampus Wisata

Kontingen UMP Raih Dua Juara Umum Kejurnas Tapak Suci

Berprestasi di Seni Lukis, UMP Beri Beasiswa Bagi Difabel

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark