Durasi Berpuasa Terpanjang dan Terpendek di Dunia

Red: Agung Sasongko

 Rabu 07 Apr 2021 15:22 WIB

Ilustrasi Berpuasa Foto: Prayogi/Republika Ilustrasi Berpuasa

Umat Islam baik yang menetap di seluruh dunia memiliki durasi waktu yang berbeda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam di seluruh dunia secara serentak akan memulai ibadah puasa Ramadhan pada 13 April mendatang. Umat Islam baik yang menetap di dunia Islam maupun Barat memiliki durasi waktu yang berbeda.

Sebuah laporan menarik ditulis Aljazirah, Rabu (7/4), terkait lama durasi berpuasa umat Islam di seluruh dunia pada 13 April nanti hingga puluhan tahun kemudian ketika hari pertama Ramadhan tiba di tanggal yang sama.

Ramadhan dimulai 10-12 hari lebih awal setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan, kalender Islam merujuk pada kalender bulan dengan setiap bulan berjumlah 29 atau 30 hari. Ramadhan yang diawali pada 13 April yang sama akan dimulai 33 tahun dari sekarang, atau tahun 2054.

Baca Juga

Kembali pada durasi waktu berpuasa, seperti diutarakan sebelumnya setiap negara memiliki variasi durasi berpuasa yang berbeda. Umat Islam yang tinggal di Selatan Katulistiwa seperti Chile atau New Zealand durasi puasanya rerata 11 jam sementara di umat Islam yang berpuasa di negara-negara Utara Katulistiwa seperti Islandia dan Norwegia akan berpuasa sekitar 18 jam lebih.

Baca juga : Arab Saudi Larang Buka Puasa dan Sahur di Masjid

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X