Durasi Puasa Ramadhan Terlama Tahun Ini 20 Jam

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

 Rabu 07 Apr 2021 12:32 WIB

Durasi Puasa Ramadhan Terlama Tahun Ini 20 Jam. Polisi Mesir dengan mengenakan masker wajah menembakan meriam di Kairo, Mesir, Senin (27/4). Meriam tradisional tersebut selalu digunakan pada bulan ramadhan untuk mengumumkan waktu berbuka puasa. Muslim di seluruh dunia merayakan bulan suci umat Islam Ramadhan dengan berdoa pada malam hari dan tidak makan, minum, dan melakukan hubungan seksual setiap hari antara matahari terbit hingga terbenam. Foto: EPA-EFE / KHALED ELFIQI Durasi Puasa Ramadhan Terlama Tahun Ini 20 Jam. Polisi Mesir dengan mengenakan masker wajah menembakan meriam di Kairo, Mesir, Senin (27/4). Meriam tradisional tersebut selalu digunakan pada bulan ramadhan untuk mengumumkan waktu berbuka puasa. Muslim di seluruh dunia merayakan bulan suci umat Islam Ramadhan dengan berdoa pada malam hari dan tidak makan, minum, dan melakukan hubungan seksual setiap hari antara matahari terbit hingga terbenam.

Ramadhan tahun ini diprediksi akan dimulai pekan depan.

REPUBLIKA.CO.ID, LAHORE -- Umat ​​Muslim di seluruh dunia tengah bersiap menyambut bulan suci Ramadhan. Untuk kali ini, Muslim di Selandia Baru, Argentina, dan Afrika Selatan mendapati waktu terpendek puasa, 11,5 jam.

Di sisi belahan dunia yang lain, Muslim di Norwegia, Greenland dan Finlandia akan mendapati durasi puasa terpanjang. Muslim di wilayah tersebut akan menjalani puasa selama 20 jam.

Periode puasa di Pakistan akan berlangsung sekitar 16 jam. Sedangkan di Arab Saudi dan sebagian besar Timur Tengah, umat Muslim akan berpuasa sekitar 15 jam sehari.

Baca Juga

Baca juga : Dokter UEA Sarankan Pasien Covid Bergejala Parah tidak Puasa

Ramadhan tahun ini diprediksi akan dimulai pekan depan. Lebih dari satu miliar Muslim akan mulai menjalankan puasa selama sebulan pada siang hari.

Bulan suci Ramadhan setiap tahunnya bergerak sekitar dua pekan lebih awal. Di separuh dunia, pergeseran ini berarti menjauh dari hari-hari musim panas yang lebih panjang dan lebih panas, menuju musim dingin yang lebih pendek dan lebih sejuk.

photo
Dasar puasa Ramadhan (ilustrasi) - (republika)
 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X