Rabu 07 Apr 2021 11:52 WIB

Presiden Baru Tanzania Ambil Pendekatan Ilmiah Tangani Covid

Hassan akan membentuk komite teknis untuk tangani Covid.

virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, NAIROBI -- Presiden baru Tanzania, Samia Suluhu Hassan, mengambil pendekatan ilmiah untuk memerangi pandemi Covid-19. Keputusannya merupakan perubahan dramatis dari kebijakan pendahulunya, mendiang Presiden John Magufuli yang merupakan salah satu penyangkal Covid-19 terkemuka di Afrika.

Hassan mengatakan, akan membentuk komite teknis untuk menasihatinya tentang ruang lingkup infeksi Covid-19 di negara itu dan cara menanggapi pandemi. "Covid-19 bukan sesuatu yang harus kita diam atau tolak dengan tegas atau terima tanpa melakukan pemeriksaan ilmiah," katanya dalam bahasa Swahili, Selasa (6/4).

Baca Juga

Tim tersebut akan melakukan penelitian medis yang akan memberi tahu ruang lingkup masalah. Nantinya mereka akan memberi rekomendasi dan tanggapan yang dapat dilakukan.

Meski langkah Hassan berbeda dengan pendahulunya, pemimpin oposisi Tundu Lissu yang berada di pengasingan di Belgia memperingatkan rakyat Tanzania untuk menahan pujian atas pengumuman Hassan. "Ini tidak akan berbeda dengan cara Magufuli dalam melakukan sesuatu. Itu Magufulisme tanpa Magufuli!" ujarnya  dalam posting Twitter.

Menurut  Lissu upaya yang dilakukan presiden perempuan pertama Tanzania itu tidak akan berhasil. "Yang dibutuhkan adalah sistem akuntabilitas yang kuat dari pemerintah dan lembaganya. Yang dibutuhkan adalah lebih banyak demokrasi, lebih banyak keadilan, lebih banyak akuntabilitas. Yang dibutuhkan adalah Konstitusi Baru!" katanya. Dwina Agustin/AP

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement