Rabu 07 Apr 2021 08:12 WIB

Youtube Ungkap Prevalensi Video yang Melanggar Aturan

Tingkat penayangan yang melanggar telah turun lebih dari 70 persen.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
 Aplikasi YouTube. Sekitar 1,6 juta penayangan di Youtube dari setiap 1 miliar adalah video yang melanggar kebijakan kontennya, hampir sama dengan setahun lalu.
Foto: EPA-EFE/SASCHA STEINBACH
Aplikasi YouTube. Sekitar 1,6 juta penayangan di Youtube dari setiap 1 miliar adalah video yang melanggar kebijakan kontennya, hampir sama dengan setahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Sekitar 1,6 juta penayangan di Youtube dari setiap 1 miliar adalah video yang melanggar kebijakan kontennya, hampir sama dengan setahun lalu. Hal ini diungkapkan oleh layanan streaming milik Alphabet Inc Google, Selasa (6/4).

“Tingkat penayangan yang melanggar (VVR) telah turun lebih dari 70 persen sejak pertama kali dilacak pada kuartal keempat tahun 2017,” kata YouTube, dan menunjukkan kemajuannya dalam memblokir ujaran kebencian dan video lain yang dianggap berbahaya sebelum menjadi viral, seperti yang dilansir dari Japan Today, Rabu (7/4).

Baca Juga

Kritikus mengatakan kebijakan yang tidak memadai oleh Youtube dan perusahaan media sosial lainnya memungkinkan retorika palsu dan kebencian menyebar, mengobarkan kekerasan mematikan seperti serangan Capitol Amerika Serikat (AS) pada Januari.

VVR Youtube stabil selama enam kuartal terakhir yang diukur, menurut data baru, yang berjalan hingga 2020. Direktur produk Youtube  Jennifer O’Connor mengatakan kepada wartawan bahwa dia berharap merilis perkiraan setiap kuartal terus membuatnya bertanggung jawab.

Dia mengatakan tarifnya, seperti data penegakan lain yang dirilis Youtube, dapat berfluktuasi seiring dengan perkembangan teknologi, aturan dan penggunanya. Misalnya, Youtube menghapus hampir 171.000 saluran karena perkataan yang mendorong kebencian pada kuartal keempat.

Jumlah ini tiga kali lebih banyak dari periode sebelumnya. Ini menghubungkan lompatan tersebut dengan teknologi pendeteksian yang lebih baik.

VVR terdiri dari semua pelanggaran kebijakan dan berasal dari pengambilan sampel video. Itu tidak termasuk komentar di video.

Facebook Inc merilis perkiraan serupa tetapi tidak termasuk penindasan, spam dan pelanggaran lainnya. Selain itu, Facebook mengatakan setidaknya 15 juta tampilan dari satu miliar pada kuartal keempat adalah konten yang melanggar aturannya terhadap ketelanjangan dewasa dan aktivitas seksual, materi kekerasan atau grafis, dan ujaran kebencian.

Menanggapi kritik tentang “penilaian” itu sendiri, Facebook tahun lalu mengatakan akan menyewa auditor luar untuk menilai pengungkapannya.

O’Connor dari Youtube pada Senin (5/4) menolak untuk berkomitmen pada audit eksternal tetapi mengatakan dia tidak mengesampingkan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement