Rabu 07 Apr 2021 04:05 WIB

Manchester City Sukses Taklukan Dortmund 2-1

Hasil ini buat Dortmund harus cetak minimal satu gol tanpa kebobolan di leg kedua.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Ratna Puspita
Phil Foden dari Manchester City mencetak gol ke gawang Borussia Dortmund.
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Phil Foden dari Manchester City mencetak gol ke gawang Borussia Dortmund.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City sukses mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 2-1 di leg pertama babak perempatfinal Liga Champions, Rabu (7/4) dini hari WIB. 

Bergulir di Etihad Stadium, tuan rumah Manchester City menerapkan pola 4-2-3-1 untuk menekan laju Dortmund. Formasi racikan Pep Guardiola itu membuat tuan rumah mendominasi jalannya babak pertama. Mereka setidaknya mencatat 62 persen penguasaan bola. 

Baca Juga

Umpan-umpan pendek menjadi andalan City sepanjang 45 menit pertama. Hal ini membuat gerak Dortmund menjadi terbatas. 

Strategi itu membuahkan hasil ketika Riyad Mahrez memanfaatkan kesalahan Emre Can untuk membangun serangan. Melalui skema permainan terbuka, umpan matang Mahrez dengan mudah diselesaikan oleh Kevin De Bruyne yang berdiri bebas. Sepakan dari jarak dekat berhasil berbuah gol di menit ke-18. 

Dortmund bukan tanpa usaha. Formasi 4-3-3 mengharuskan skuad Die Borussen mengeksploitasi sisi kiri dan kanan lapangan. 

Namun, skor 1-0 bertahan hingga turun minum. City masih terlalu tangguh untuk Dortmund sejauh ini. Di babak kedua, Foden hampir menggandakan keunggulan City andai tendangan jarak dekatnya tidak diselamatkan oleh kiper Dortmund di menit ke-64.

Kejutan justru datang dari tim tamu. Sempat terombang-ambing hampir di sepanjang laga, Dortmund akhirnya mencetak gol lewat kaki Marco Reus. 

Pemain veteran itu memanfaatkan assist Erling Haaland dengan tembakan kaki kanan ke sudut kanan bawah gawang City di menit ke-84. Tensi pertandingan yang meningkat membuat situasi semakin dramatis. Klimaks laga akhirnya terjadi ketika Phil Foden mencetak gol di masa injury time berkat operan Ilkay Gundogan.

Skor 2-1 bertahan untuk tuan rumah. Hasil ini membuat Dortmund harus mencetak minimal satu gol tanpa kebobolan di leg kedua. 

Susunan Pemain Manchester City:

Ederson, Walker, Stones, Dias, Cancelo, Hernandez, Gundogan, Mahrez, De Bruyne, Foden, Silva.

Susunan Pemain Borussia Dortmund:

Hitz, Morey, Can, Humels, Akanji, Guerreiro, Dahoud, Bellingham, Reus, Haaland, Knauff.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement