Selasa 06 Apr 2021 20:18 WIB

Disapu Angin Kencang, Taman Reptil Purbalingga Porak Poranda

Tidak ada korban, atau satwa koleksi yang lepas akibat angin kencang.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Angin Topan/Angin Kencang
Foto: MgIt03
Ilustrasi Angin Topan/Angin Kencang

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Angin kencang menyapu beberapa desa wilayah Kecamatan Kutasari, Selasa (6/4) sore. Akibat bencana ini, puluhan rumah warga mengalami kerusakan,  baliho dan pohon juga banyak yang tumbang.

Salah satu yang juga terdampak bencana, adalah taman reptil Sanggaluri Park yang berada di wilayah Desa Kutasari Kecamatan Kutasari. Tiga unit bangunan di lokasi obyek wisata ini, mengalami kerusakan berat berupa atap ambruk.

Baca Juga

Untungnya tidak ada korban, atau satwa koleksi yang lepas. ''Alhamdulillah tidak ada korban karena kondisi obyek wisata sudah tidak ada pengunjung. Selain itu, koleksi satwa juga sudah kita cek tidak ada yang lepas. Semua satwa juga selamat,'' jelas Plt Direktur Owabong Eko Susilo.

Dia menyebutkan, bangunan yang mengalami kerusakan berupa atap ambruk, merupakan bangunan baru yang terbuat dari atap baja ringan. Bagian atap tersebut tidak kuat bertahan saat angin kencang menyapu kawasan tersebut.

''Semua koleksi satwa sudah diamankan. Untuk bangunannya, besok pagi kami akan kerja bakti untuk membenahi kerusakan,'' jelasnya.

Selain obyek wisata Taman Reptil, angin kencang juga menyebabkan puluhan rumah warga mengalami kerusakan. Sebagian hanya berupa kerusakan ringan, namun ada juga yang mengalami kerusakan cukup berat karena tertimpa pohon tumbang.

Camat Kutasari Ebdi Astono menyebutkan, dari laporan yang dia terima, angin kencang melanda wilayah Desa Munjul dan Desa Kutasari. ''Rumah warga dan kerugian akibat bencana ini masih didata,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement