Selasa 06 Apr 2021 18:31 WIB

Wakaf Salman Beri Bantuan ke Desa Tertinggal dan Masjid

Paket bantuan baju muslim itu dari hasil donasi customer yang berbelanja. 

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Selama Maret 2021 ini, Wakaf Salman menyalurkan berbagai bantuan kepada kaum dhuafa yang membutuhkan.
Foto: Istimewa
Selama Maret 2021 ini, Wakaf Salman menyalurkan berbagai bantuan kepada kaum dhuafa yang membutuhkan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Selama Maret 2021 ini, Wakaf Salman menyalurkan berbagai bantuan kepada kaum dhuafa yang membutuhkan. Salah satunya adalah paket baju muslim dari hasil donasi customer yang berbelanja. 

Menurut Direktur Wakaf Salman ITB, M Khirzan N Noe'man, hasil dari program Belanja Amal, kerja sama antara Wakaf Salman dan Elfoundation. Belanja Amal merupakan program ajakan belanja pakaian kepada customer di elzatta untuk selanjutnya disalurkan kepada semua orang yang membutuhkan di desa tertinggal ataupun korban bencana. 

"Setiap customer yang berbelanja, dapat dengan mudah turut berdonasi. Program ini dikolaborasikan dengan program 1000 Desa," ujar Khirzan, Selasa (6/4).

Menyinggung mengenai program 1.000 desa, dia mengatakan, ini akan menjadi salah satu media bagi para donatur atau wakif, untuk membantu pembangunan sekaligus pemberdayaan desa. 

Menurutnya, desa tertinggal itu didorong potensinya agar bisa mengembangkan diri secara mandiri. Program ini, juga membantu penyelesaian masalah masyarakat desa.

"Untuk mendukung hal tersebut, alhamdulillah dalam satu bulan ini total 306 pcs dan 75 pak bersisi 3-4 pcs telah disalurkan," katanya.

Lokasi penyalurannya, kata dia, menjangkau beberapa desa dan masjid di Jawa Barat. Seluruh lokasi mendapat paket senilai 200 juta rupiah. Penerima manfaatnya adalah masyarakat setempat, tenaga pendidik, pengurus, serta pengelola sekolah dan masjid. Mereka bertempat di Kompleks Khairina (Desa Cimenyan), RA. Nafilatul Husna (Rancaekek), Tugu Alam (Punclut), Kampung Ilmu, Masjid Cimareme, dan Salman ITB. 

Kampung Salam, kata dia, menjadi tempat penyaluran selanjutnya, sekitar 125 paket akan dikirimkan ke Kampung Salam. Paket berisikan 3-4 pcs busana muslim, berupa gamis, tunic, dan baju koko.

“Terima kasih banyak kepada Wakaf Salman dan Elfoundation, atas penyaluran donasi belanja amalnya. Insyaallah bermanfaat dan menjadi berkah buat semuanya. Jazakumullah khairan katsiran,” ujar Teh Lala salah satu pengurus Yayasan Tugu Alam Lestari.

Menurut Khirzan, penyaluran program Belanja Amal ini dapat terselenggara berkat kerja sama antara Wakaf Salman, Elfoundation, dan para donatur. Ini menjadi awal dari inisiatif baru membantu mereka yang membutuhkan. Dengan berbelanja untuk kepuasan diri dan keluarga, setiap orang juga bisa memberikan kepuasan bagi sesama.

"Mari kita bantu agar seluruh saudara kita merasakan kebahagiaan sejati, yang datang secara sederhana dari kebaikan kita. Kita dorong mereka untuk tetap bersemangat membangun dan mengembangkan diri sehingga dapat meningkatkan kesejahteraannya," paparnya. 

Terutama, kata dia, untuk masyarakat di desa yang tak mampu. Menurutnya, besar harapannya penyaluran ini menjaga harapan masyarakat untuk mau terus menjadi bagian dari desa yang berdaya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement