Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

CEO Dortmund: Tak Ada Alternatif Pengganti Haaland

Selasa 06 Apr 2021 17:50 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Erling Haaland (kanan) dari Norwegia beraksi selama pertandingan sepak bola kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 antara Montenegro dan Norwegia di Podgorica, Montenegro, 30 Maret 2021.

Erling Haaland (kanan) dari Norwegia beraksi selama pertandingan sepak bola kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 antara Montenegro dan Norwegia di Podgorica, Montenegro, 30 Maret 2021.

Foto: EPA-EFE/BORIS PEJOVIC
Haaland punya banderol harga sebesar 180 juta euro.

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND -- Direktur Eksekutif (CEO) Borussia Dortmund, Hans-Joachim Watzke, membantah semua rumor soal rencana Die Borussen untuk melepas Erling Haaland pada bursa transfer musim panas mendatang. Bahkan, Dortmund tidak perlu melepas pemain dengan banderol transfer selangit demi bisa menyeimbangkan neraca keuangan klub. 

Sebelumnya, meski Haaland masih terikat kontrak bersama Dortmund hingga 2024 mendatang, Die Borussen dikabarkan siap melepas striker berusia 20 tahun itu dengan nilai transfer tidak kurang dari 180 juta euro pada bursa transfer musim panas mendatang. 

Nantinya, kucuran dana transfer Haaland ini bisa digunakan untuk menyimbangkan neraca keuangan klub, yang terdampak pandemi Covid-19. Namun, kabar ini langsung dibantah oleh Watzke. 

Menurutnya, tidak ada tekanan, terutama dari sisi kondisi finansial, buat Dortmund untuk melepas pemain pada bursa transfer musim panas mendatang. 

''Kami bisa katakan, apapun yang terjadi pada musim depan dan musim berikutnya, kami tidak akan mengajukan peminjaman uang ataupun melakukan penjualan darurat dengan melepas sejumlah pemain. Kami tidak memiliki tekanan untuk melakukan itu,'' tutur Watzke dalam wawancara dengan DAZN, Selasa (6/4). 

Secara khusus, Watzke menyebut, Dortmund bahkan tidak memiliki rencana alternatif atau pemain yang disiapkan untuk menjadi pengganti Haaland pada musim depan. Dengan begitu, manajemen Die Borussen akan berupaya sekuat tenaga untuk mempertahankan Haaland di Stadion Signal Iduna Park. Upaya tersebut termasuk dengan melakukan pembicaraan dengan agen Haaland, Mino Raiola, dan ayah Haaland, Alf Inge-Haaland. 

Dalam beberapa pekan terakhir, Alf-Inge dan Raiola memang sempat dikabarkan melakukan pembicaraan dengan sejumlah klub besar, termasuk Barcelona dan Real Madrid terkait kemungkinan perekrutan Haaland pada jendela transfer musim panas mendatang. 

''Kami tidak punya rencana yang saat ini berjalan paralel. Kami akan berbicara pada Erling, ayahnya, dan Raiola. Pada akhirnya, kami ingin, dia tetap bertahan bersama kami. Dia tetap mencetak gol buat kami dengan penuh keyakinan. Tidak ada rencana alternatif untuk mencari pengganti Haaland,'' kata Watzke. 

Kendati begitu, kondisi berbeda berlaku buat Jadon Sancho. Winger asal Inggris itu memang terus dikabarkan tengah diminati sejumlah klub kontestan Liga Primer Inggris. Sempat dikabarkan begitu dekat dengan Manchester United, Sancho akhirnya harus gigit jari lantaran kedua belah pihak tidak menemui kata sepakat terkait kepindahan pemain yang absen di empat laga terakhir Bundesliga lantaran mengalami cedera otot. Watzke mengakui, Dortmund membuka kemungkinan untuk kepindahan Sancho pada awal musim depan. 

''Dia sudah lebih lama berada di klub ini ketimbang Erling Haaland. Kami juga akan berbicara kepada Sancho. Namun, apabila ada tawaran yang cukup bagus dari klub lain, maka kami akan mendiskusikannya dengan Sancho dan agennya,'' ujar Watzke.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA