Selasa 06 Apr 2021 15:25 WIB

Wapres Optimis Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini 5,3 persen

Hal ini sesuai prediksi beberapa lembaga internasional seperti IMF dan Bank Dunia.

Rep: Novita Intan/ Red: Mas Alamil Huda
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.
Foto: Dok. BPMI/Setwapres
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Pemerintah meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh positif pada tahun ini. Hal ini sesuai prediksi beberapa lembaga internasional seperti IMF dan Bank Dunia yang memperkirakan perekonomian tumbuh antara 4,4 persen sampai 4,9 persen. 

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, prediksi tersebut sejalan dengan perkiraan pemerintah bahwa ekonomi akan pulih pada kisaran 4,5 persen sampai 5,3 persen.

“Dunia usaha harus memanfaatkan prediksi pertumbuhan ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya saat acara Strategi Sektor Kesehatan untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi secara virtual, Selasa (6/4).

 

Ma'ruf menyebut program vaksinasi memberikan optimisme dalam hal pemulihan kesehatan maupun ekonomi. Maka itu pemerintah berupaya memberi dorongan stimulus fiskal melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN) serta investasi dari dunia usaha secara bersamaan akan mempercepat penyerapan tenaga kerja.

"Penyesuaian kondisi new normal nantinya juga akan tetap diterapkan berbagai sektor ekonomi," ucapnya.

Menurutnya dalam beberapa bulan ini adanya penurunan kasus Covid-19 dan mobilitas masyarakat yang meningkat secara terbatas juga telah memberikan rasa optimis terhadap perbaikan konsumsi masyarakat.

“Oleh karena itu, ekspansi dunia usaha melalui investasi diharapkan dapat kembali meningkatkan produksi dan menyerap tenaga kerja termasuk ekspansi bisnis yang berbasis UMKM dan produk halal,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement