Selasa 06 Apr 2021 10:53 WIB

BMKG: Posisi Siklon Tropis Seroja Berada di Pulau Timor

Arah gerak siklon Barat Daya dengan kecepatan 9 knots bergerak menuju Indonesia.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan peta sirkulasi udara siklonik  (ilustrasi).
Foto: ANTARA/ASEP FATHULRAHMAN
Petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan peta sirkulasi udara siklonik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) melaporkan, posisi siklon Tropis Seroja pada Selasa (6/4) sekitar pukul 01.00 Wita, berada di Samudera Hindia sebelah barat daya Pulau Timor, NTT.

"Siklon Seroja berada pada 11.3 Lintang Selatan dan 120 Bujur Timur (sekitar 180 km sebalah barat daya Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi El Tari, Agung Sudiono Abadi di Kota Kupang, Selasa, terkait perkembangan pergerakan siklon tropis Seroja.

Menurut Agung, arah gerak siklon Barat Daya dengan kecepatan 9 knots atau 17 kilometer per jam, bergerak menuju wilayah Indonesia. Berdasarkan prediksi dalam 24 jam ke depan atau pada Rabu (7/4) pukul 01.00 WIB, posisi siklon berada di Samudera Hindia.

Posisinya sebelah barat daya Pulau Rote, NTT pada 12.8 Lintang Selatan dan 117 Bujur Timur, sekitar 525 km sebelah barat daya Sabu Raijua. "Siklon bergerak menjauhi wilayah Indonesia dengan kekuatan 60 knots (110 km/jam dengan tekanan 976 hPh," kata Agung menjelaskan.

"Berdasarkan hasil pemantauan, diprediksikan intensitas siklon tropis Seroja menguat dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat daya," ucap Agung menambahkan. Dia mengimbau masyarakat tetap waspada untuk menghindari jatuhnya korban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement