Selasa 06 Apr 2021 10:33 WIB

Kapal Induk China Latihan di Dekat Taiwan, Hubungan Memanas

China menyatakan akan melakukan latihan kapal induk secara rutin

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Peta Taiwan.
Foto: Chinamaps.info/ca
Peta Taiwan.

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- Sekelompok kapal induk China sedang berlatih di dekat Taiwan. Menurut Angkatan Laut China, latihan semacam itu akan menjadi rutin dilakukan sebagai pertanda peningkatan ketegangan lebih lanjut di dekat pulau yang diklaim Beijing sebagai wilayah kedaulatannya, Senin (5/4) malam.

Angkatan Laut China mengatakan kelompok kapal induk yang dipimpin oleh Liaoning. Liaoning merupakan kapal induk pertama negara yang dioperasikan secara aktif melakukan latihan rutin di perairan dekat Taiwan.

Baca Juga

Tujuan pengerahan kapal induk itu adalah untuk meningkatkan kemampuannya untuk menjaga kedaulatan nasional, keselamatan dan kepentingan pembangunan. "Latihan serupa akan dilakukan secara rutin di masa depan," kata keterangan Angkatan Laut China.

Pernyataan China itu muncul mengikuti Kementerian Pertahanan Taiwan yang melaporkan serangan baru oleh Angkatan Udara China ke zona identifikasi pertahanan udara pulau itu pada Senin. Taipei mengaku memiliki pemahaman penuh tentang situasi di udara dan laut di sekitar pulau dan menangani dengan tepat masalah tersebut.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement