Selasa 06 Apr 2021 10:29 WIB

Korea Utara Batalkan Partisipasi di Olimpiade Tokyo

Korut ingin melindungi warganya dari virus corona.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Orang-orang mengambil gambar cincin Olimpiade di Tokyo, Rabu (17/3).
Foto: AP/Koji Sasahara
Orang-orang mengambil gambar cincin Olimpiade di Tokyo, Rabu (17/3).

IHRAM.CO.ID, PYONGYANG -- Korea Utara mengatakan pada Selasa (6/4) bahwa mereka tidak akan berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Panas Tokyo yang akan datang. Keputusan ini diambil untuk melindungi para atletnya dari pandemi virus corona.

Keputusan Korut ini menghancurkan harapan Korea Selatan untuk menggunakan permainan tersebut untuk memulai proses perdamaian yang terhenti dengan Pyongyang.

Baca Juga

Keputusan itu dibuat selama pertemuan majelis umum Komite Olimpiade Korea Utara yang diadakan di Pyongyang pada 25 Maret, menurut Sports di DPRK Korea, situs web tentang urusan olahraga di Korea Utara.

"Republik Demokratik Rakyat Korea telah memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam Olimpiade ke-32 selama sidang umum untuk melindungi atlet kami dari situasi krisis kesehatan global terkait virus corona seperti yang diusulkan oleh anggota panitia," kata situs web itu, dilansir di The Korea Herald, Selasa (6/4).

Olimpiade Tokyo yang akan dimulai pada bulan Juli. Korsel berharap untuk menggunakan acara olahraga tersebut sebagai kesempatan besar untuk terlibat dengan Pyongyang di tengah dialog lintas batas yang macet. Korut telah mengklaim bebas virus corona, tetapi telah menempatkan kontrol perbatasan yang ketat dan mengambil tindakan antivirus lain untuk menangkal wabah di negara itu sejak awal tahun lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement