Selasa 06 Apr 2021 09:46 WIB

Mensos Risma Tiba di Bandara Gewayantana Larantuka

Risma melanjutkan terbang menggunakan helikopter BNPB menuju Pulau Adonara.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.
Foto: Dok Kemensos
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

REPUBLIKA.CO.ID,FLORES TIMUR -- Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharani tiba di Bandara Gewayantana Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk kemudian bertolak ke Pulau Adonara, guna menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada korban banjir bandang.

Pantauan di lokasi, saat tiba di Bandara Gewayantana Larantuka, ia dijemput Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli dan Kapolda NTT Irjen Lotharia Latif. Risma bersama rombongan Kementerian Sosial (Kemensos) kemudian melanjutkan terbang menggunakan helikopter BNPB bersama Bupati Flores Timur menuju Pulau Adonara.

Risma dijadwalkan menggelar pertemuan secara daring dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) guna membahas penanganan bencana di NTT, khususnya di Adonara. Kemensos sudah menyalurkan bantuan senilai Rp 2,6 miliar untuk pemenuhan kebutuhan dasar dan santunan bagi korban banjir bandang dan tanah longsor di Flores Timur serta Lembata, NTT.

Logistik bersumber dari Gudang Dinas Sosial Provinsi NTT dan Gudang Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur serta belanja langsung.Kemensos juga menyalurkan santunan korban meninggal dunia untuk 76 jiwa kepada ahli waris, masing-masing Rp 15 juta dengan total santunan Rp 1,140 miliar.

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Syafii Nasution menambahkan 27 korban luka berat juga akan diberikan santunan dengan nilai Rp 135 juta. Kemensos juga menerjunkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk penanganan bencana bersinergi dengan unsur-unsur terkait.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement