Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Saingi China, Jepang Eksperimen Mata Uang Digital

Selasa 06 Apr 2021 13:59 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Tak Mau Kalah dari China, Negara Ini Mulai Eksperimen Mata Uang Digital (Foto: Coingeek)

Tak Mau Kalah dari China, Negara Ini Mulai Eksperimen Mata Uang Digital (Foto: Coingeek)

Bank Sentral Jepang (BOJ) memulai eksperimen uang digital

Bank Sentral Jepang (BOJ) memulai eksperimen guna mempelajari kelayakan penerbitan mata uang digitalnya sendiri, Senin (5/4/2021); bergabung dengan upaya bank sentral negara-negara lain.

Melansir Reuters, tahap pertama uji coba akan berlangsung hingga Maret 2022. Langkah itu bakal berfokus pada uji kelayakan teknis dalam 3 langkah.

"Uji coba pertama akan berfokus pada pengujian kelayakan teknis penerbitan, pendistribusian, dan penukaran mata uang digital bank sentral (CBDC)," jelas BOJ dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Rapper Ini Mau Rilis Koin Digital Sendiri, Apa Ya Alasannya?

Baca Juga: Warganet Ramai-Ramai Kritik Shopee, Ternyata Karena Hal Ini!

Kemudian, BOJ akan beralih ke eksperimen tahap kedua yang akan meneliti fungsi secara lebih rinci, seperti: penetapan batas jumlah kepemilikan CBDC bagi setiap entitas.

Direktur Eksekutif BOJ, Shinichi Uchida menambahkan, "Jika perlu, bank sentral akan meluncurkan program percontohan yang melibatkan penyedia layanan pembayaran dan pengguna akhir (konsumen, red)."

Bank sentral global sedang mengembangkan mata uang digital untuk memodernisasi sistem keuangan, mengatasi ancaman cryptocurrency, dan mempercepat pembayaran domestik dan internasional.

China memimpin langkah itu; tetapi BOJ telah mempercepat upaya mengejar ketertinggalan dengan rencana yang mereka ungkap pada Oktober 2020.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA