Selasa 06 Apr 2021 05:46 WIB

Menkes Minta Pembukaan Kegiatan tak Terburu-buru 

Jika kasus kembali naik, masyarakat akan semakin merasa lelah menghadapi pandemi.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Foto: Antara/Moch Asim
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan agar pembukaan kembali aktivitas dan kegiatan masyarakat di tengah pandemi saat ini tak dilakukan terburu-buru. Menkes tak ingin, kenaikan kasus Covid-19 kembali terjadi sehingga masyarakat akan semakin merasa lelah menghadapi pandemi. 

"Itu kita hindari sehingga rakyat tidak merasa letih kalau kemudian kasusnya naik lagi, kemudian kita harus mengerem kegiatan. Lebih baik kita perlahan-lahan membuka," ujar Menkes saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta. 

Baca Juga

Budi juga mengingatkan agar tak ada libur panjang di tengah pandemi yang dapat memicu kembali kenaikan kasus. Berdasarkan pengalaman selama ini, penetapan libur panjang justru meningkatkan kasus Covid-19 hingga 50 persen, bahkan sempat menyentuh hingga 100 persen. 

"Tolong kita jaga jangan sampai ada liburan panjang yang selalu terbukti secara empiris meningkatkan 30 sampai 50 persen bahkan ada beberapa saat sampai 100 persen," ucapnya. 

 

Saat ini, kasus Covid-19 di Tanah Air tercatat semakin menurun. Penerapan kebijakan PPKM mikro serta pelaksanaan vaksinasi disebutnya terbukti menjaga laju penularan. 

"Kita menggunakan protokol kesehatan yang di PPKM mikro, karena itu sudah terbukti bisa menjaga laju penularan seperti saat ini," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement