Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Jokowi Apresiasi Tokoh Perubahan Republika 2020

Senin 05 Apr 2021 21:57 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Yudha Manggala P Putra

Malam Penganugerah Tokoh Perubahan Republika 2020 di Hotel Four Season, Jakarta, Senin (5/4). Malam penganugerahan kali ini dilakukan secara hybrid gabungan pertemuan daring dan luring secara terbatas untuk menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi ini.

Malam Penganugerah Tokoh Perubahan Republika 2020 di Hotel Four Season, Jakarta, Senin (5/4). Malam penganugerahan kali ini dilakukan secara hybrid gabungan pertemuan daring dan luring secara terbatas untuk menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi ini.

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Jokowi menyebut kelima tokoh teladan dan inspirasi bagi masyarakat Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara khusus menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya penganugerahan Tokoh Perubahan Republika 2020. Total ada lima tokoh yang mendapat anugerah ini karena dianggap memiliki peran besar bagi Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Saya mengapresiasi upaya Republika untuk menganugerahkan penghargaan kepada para tokoh perubahan yang telah memberikan kontribusi penting pada upaya pencegahan dan penanggulangan dampak pandemi Covid-19," ujar Presiden Jokowi dalam sambutan virtualnya dalam penganugerahan Tokoh Perubahan Republika 2020, Senin (5/4) malam.

Presiden juga menyampaikan ucapan selamat kepada kelima sosok yang malam ini dinobatkan sebagai 'Tokoh Perubahan Republika 2020'. Kelimanya, ujar presiden, pastilah terpilih karena keteladanan dan inspirasi bagi masyarakat Indonesia.

"Untuk terus melakukan kebaikan, dan membantu sesama, berkontribusi pada kemajuan Indonesia," kata Jokowi.

Adanya pandemi Covid-19 sejak 2020 lalu, ujar presiden, menghadirkan banyak tantangan bagi seluruh masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia. Bersamaan dengan tantangan dan masalah yang muncul, pelajaran dan dorongan agar manusia bertransformasi pun ikut timbul. Pandemi, ujar Jokowi, juga membangkitkan semangat persaudaraan antarsesama.

"Melakukan hal-hal yang baru yang sebelumnya sulit kita lakukan. Pandemi telah membangkitkan kebersamaan, kepedulian, dan solidaritas. Menggerakkan seluruh elemen masyarakat untuk bergotong royong, bergerak bersema, membantu sesama, tanpa memandang perbedaan," kata presiden.

Selain itu, Jokowi menambahkan, pandemi Covid-19 juga mendorong lahirnya lebih banyak riset dan inovasi yang berguna bagi bangsa ke depannya. Dari riset inilah diharapkan muncul berbagai pembaruan yang bisa membantu Indonesia keluar dari pandemi.

"Di saat pandemi ketangguhan, kemandirian bangsa, sedang diuji. Kita bersaing dengan banyak negara untuk mendapatkan alat kesehatan, vaksin. Kita juga dipacu untuk berdikari, untuk dapat memenuhi kebutuhan sendiri. Mengurangi ketergantungan dan menjadi lebih mandiri," katanya.

Namun situasi yang sulit selama pandemi, imbuh Jokowi, justru melahirkan penemu dan tokoh-tokoh yang menebarkan kebaikan. Pandemi, ujar presiden, mendorong lebih banyak perubahan bagi bangsa.

Seperti diketahui, malam ini digelar penganugerakan Tokoh Perubahan Republika 2020. Ada lima tokoh yang dinobatkan sebagai Tokoh Perubahan Republika 2020 atas aktivitas mereka yang selama pandemi corona ini banyak memberikan perubahan dan inspirasi.

Kelima tokoh ini dinilai menebarkan nilai-nilai kebaikan, positif, dan ikut mengubah masyarakat untuk berderap bergerak optimistis menghadapi pandemi corona.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA