Senin 05 Apr 2021 13:52 WIB

Nanda Berbagi Tips Sukses Jadi Pebisnis di Usia Muda

Belajar bisnis sejak muda sangatlah penting.

Usaha meraih kesuksesan (ilustrasi).
Foto: Www.freepik.com
Usaha meraih kesuksesan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belajar bisnis atau berwirausaha kini bukan hanya milik orang dewasa, tapi juga dapat dimulai dari usia belia. Dengan memulai bisnis lebih cepat, banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh enterpreneur muda. Salah satunya melatih ketekunan, kreatifitas, kecerdasan, dan kerja keras, yang nantinya akan menopang keuangan yang lebih mapan untuk masa depan.

Salah satu contoh perjalanan enterpreneur muda yang cukup sukses diperlihatkan oleh Nanda Adi Surya, yang telah memulai bisnis perawatan wajah dan tubuh sejak duduk di  bangku SMA pada tahun 2015.

“Kita mulai dari nol, awalnya dulu istri saya menyukai bidang kecantikan, khususnya di perawatan wajah dan tubuh, jadi saya putuskan coba untuk berjualan produk

photo
Pebisnis muda Tanah Air Nanda Adi Surya beserta keluarga kecilnya. - (Dok. Pri)

 dan kosmetik secara daring,” ujar Adi di Jakarta, Senin (5/4).

 

Adi mengatakan, ia memulai bisnis dengan tidak memiliki karyawan, bahkan bisnis tersebut dijalankan hanya berdua dengan istrinya saat ini, Putri Rachmadia, yang kala itu masih menjadi pacarnya. Seiring berjalannya waktu, berkat ketekunan yang mereka curahkan, kini Adi dan Putri telah memiliki karyawan hingga 70 orang, dan mampu menjual ratusan ribu paket setiap bulannya.

Pria yang juga memiliki hobi di bidang otomotif ini menjalankan bisnis selalu menggunakan kekuatan dari media sosial. Ia juga kerap membuat konten yang viral untuk strategi marketing, hasilnya, kini ia juga telah membuka 2 cabang klinik kecantikan di kota Balikpapan dan Samarinda. 

Namun demikian, perjalanan bisnis kedua pasangan ini untuk menjadi sukses bukan tanpa rintangan, pengalaman jatuh bangun pun pernah mereka alami, seperti di tipu rekan bisnis, hingga akhirnya harus memulai dari awal kembali. “Namun seiring waktu, kami terus belajar dari pengalaman, pengalaman itu mampu membuat saya untuk memiliki mental baja , karena saya selalu yakin bahwa kami masih memiliiki waktu, usaha, kemampuan dan kesempatan untuk memulai kembali,” ujar pemilik akun instagram @nandadis tersebut.

Ia pun memberikan tips untuk para anak muda yang ingin memulai bisnis, yakni jangan pernah takut gagal, mulailah dan jadilah anak muda yg berambisi, innovatif dan kreatif untuk manjadi pebisnis muda diera 5.0.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement