Senin 05 Apr 2021 11:25 WIB

Wakil Ketua DPR: Teroris tak Wakilkan Agama Tertentu

Pembinaan kerukunan umat beragama merupakan sebuah prioritas

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Esthi Maharani
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin.
Foto: istimewa
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mengatakan, pembinaan kerukunan umat beragama merupakan sebuah prioritas yang harus dikedepankan oleh pemerintah. Tujuannya, untuk mencegah terjadinya konflik yang berangkat dari isu agama dan perbedaan keyakinan dan pandangan.

"Teroris bukanlah agama tertentu, masyarakat Indonesia harus dapat mensyukuri, memelihara, menjaga keragaman dengan selalu mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sosial keseharian," ujar Azis dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/4).

Kemudian, ia menyorot maraknya aksi terorisme dalam beberapa waktu terakhir yang salah dalam memaknai arti dari sebuah keberagaman. Khususnya terhadap perbedaan dalam menganut keyakinan.

"Ini merupakan sebuah  penafsiran yang keliru, bangsa Indonesia harus beryukur dengan keberagaman yang dimiliki, mengingat keragaman merupakan warisan leluhur dan Bhineka Tunggal Ika menjadi sebuah ciri bangsa," ujar Azis.

 

Ke depan, ia mengharapkan agar oknum tertentu tidak memanfaatkan perbedaan dan keberagaman untuk memecah belah Indonesia. Yang tujuannya hanya kepentingan jangka pendek untuk merusak suasana yang telah aman, damai, tenang, dan kondusif di negara.

"Memelihara dan menjaga keberagaman merupakan tugas seluruh lapisan masyarakat. Toleransi umat beragama yang telah terwujud sejak dulu harus kita pertahankan, demi terciptanya rasa aman dan damai serta toleransi umat beragama di Indonesia," ujar Azis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement