Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Pemerintah Beri Insentif Bagi Segmen Perhotelan dan Restoran

Senin 05 Apr 2021 05:26 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.mengatakan pemerintah sedang mendalami pemberian insentif untuk sektor lain, antara lain hotel, restoran, dan kafe.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.mengatakan pemerintah sedang mendalami pemberian insentif untuk sektor lain, antara lain hotel, restoran, dan kafe.

Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
Pemerintah selama ini memberikan dana alokasi khusus dalam bentuk bantuan ke hotel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah memberlakukan insentif bagi kendaraan bermotor dan properti, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah sedang mendalami sektor lain, antara lain hotel, restoran, dan kafe.

“Kami juga bicarakan dengan Menteri Pariwisata (Sandiaga Uno), sehingga kami sedang formulasikan dan kita bahas dengan Menteri Keuangan (Sri Mulyani Indrawati),” ujarnya kepada wartawan seperti dikutip Senin (5/4).

Baca Juga

Meski tengah membahas insentif bagi dunia usaha, Airlangga masih belum bisa memaparkan lebih jauh.

Sementara Menteri Keuangan Sri Mulyani menambahkan saat ini stimulus yang diberikan hotel seperti tahun lalu di beberapa kota, hotel dijadikan penginapan sebagai tenaga kesehatan.

“Itu paling tidak mengisi hotel yang mengalami penurunan kunjungan dari wisatawan domestik dan mancanegara,” jelasnya.

Pemerintah, lanjut Sri, juga memberikan dana alokasi khusus yang selama ini diberikan kepada pemerintah daerah dalam bentuk bantuan ke hotel dan restoran.

“Terus terang ini adalah bagian yang nanti kita akan terus kalibrasi agar kita bisa memformulasikan. Tentu dengan adanya menteri pariwisata baru, mungkin ada ide baru. Tapi, terus terang kita memang akan melihat. Basisnya adalah data dan desain dari kebijakan,” ucapnya.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA