Ahad 04 Apr 2021 19:20 WIB

Mengenal Keunggulan Tanaman Hidroponik

Tanaman hidroponik memiliki keunggulan seperti unsur nutrisi tinggai dan higienis.

Seorang warga menunjukan sayuran yang ditanam menggunakan metode hidroponik, di Jati, Padang, Sumatera Barat, Rabu (3/2/2021). Kelompok Wanita Tani RW 1, Jati, Padang, mengembangkan tanaman hidroponik di rumah masing-masing, yang disalurkan Dinas Pertanian Padang berasal  dari dana pokok pikiran anggota DPRD Padang sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19.
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Seorang warga menunjukan sayuran yang ditanam menggunakan metode hidroponik, di Jati, Padang, Sumatera Barat, Rabu (3/2/2021). Kelompok Wanita Tani RW 1, Jati, Padang, mengembangkan tanaman hidroponik di rumah masing-masing, yang disalurkan Dinas Pertanian Padang berasal dari dana pokok pikiran anggota DPRD Padang sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pegiat Hidroponik Slamet Riyanto sejak pertengahan tahun 2020 itu fokus menekuni tanaman hidroponik sebagai tambahan penghasilan.Dalam berhidroponik, dia tidak sendirian. Ia pun tergabung dalam Maharaja Urban Farming (MUF), komunitas hidroponik di lingkungan rumahnya.

Baginya komunitas itu adalah wahana untuk berbagi ilmu tentang bercocok tanam sayur dan buah baik untuk pemula atau sudah skala bisnis. Selain itu MUF juga memberikan kesempatan kepada anggota untuk bisa memasarkan hasil produksinya.

Baca Juga

Ia pun tidak segan-segan membagikan pengetahuannya kepada siapa saja. Ilmu hidroponik yang diperoleh pun didapat dari pertemanan hingga sosial media."Saya lulusan Fisip (fakultas ilmu politik), tapi teman saya banyak juga dari IPB (Institut Pertanian Bogor), saya juga belajar dari internet," ucapnya.

Ia mengaku telah memiliki 200 lubang tanam untuk berbagai macam sayuran, seperti sawi, lettuce, dan cabai di pekarangan rumahnya.Dari lubang tanam itu, kesempatan menambah penghasilan pun dimungkinkan dari menjual hasil panen tanaman. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement