Ahad 04 Apr 2021 19:00 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Wisnu Aji Prasetiyo

Berbagi Berkah dalam Sebungkus Nasi Saat Pandemi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pandemi Covid-19 yang muncul di penghujung 2019 telah memukul dunia. Perekonomian global terguncang akibat penerapan karantina wilayah (lockdown) dan pembatasan sosial di berbagai negara. Menurut laporan Asia – Pacific Employment and Social Outlook 2020, pandemi menghapus sekitar 81 juta pekerjaan tahun lalu.

Di tengah kondisi yang serba sulit dan menantang, solidaritas kemanusiaan diuji. Mereka yang berani menolong dan berbagi, meski kondisi pribadi tak memadai, patut diapresiasi. Di Jakarta, ada Nurmaya. Penjual tanaman hias di perempatan Jalan Anggrek Rosliana VII, Kemanggisan, Jakarta Barat itu rutin membagikan makanan gratis untuk siapa pun yang melintas di dekat lapaknya.

Hal itu mulai dilakoninya sekitar satu bulan pasca hari raya Idul Fitri tahun lalu. Kegiatan berbagi makanan gratis dia lakukan setiap Jumat. Di awal, Nurmaya memulai aksi kemanusiaannya dengan membagikan takjil gratis. Setiap pengendara atau warga yang melintas di depan lapak tanaman hiasnya, dia berikan satu boks berisi tiga macam kue dan satu gelas air mineral.

 

 

Videografer | Muhammad Rizki Triyana

Video Editor | Fakhtar Khairon Lubis