Ahad 04 Apr 2021 12:22 WIB

SAR Terjunkan Tim Selam Cari 17 Nelayan Hilang di Indramayu

Tim SAR gabungan akan melakukan penyelaman dari tim penyelam Basarnas Special Group

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 SAR Terjunkan Tim Selam Cari 17 Nelayan Hilang di Indramayu
SAR Terjunkan Tim Selam Cari 17 Nelayan Hilang di Indramayu

INDRAMAYU, AYOBANDUNG.COM – Upaya pencarian terhadap 17 anak buah kapal (ABK) KM Barokah Jaya yang hilang di perairan Indramayu, terus dilakukan, Minggu 4 April 2021. Tim SAR gabungan akan melakukan penyelaman dari tim penyelam BSG (Basarnas Special Group).

KM Barokah Jaya menabrak kapal MV Habco Pioneer di Perairan Indramayu pada Sabtu 3 April 2021 pukul 16.45 WIB. Akibatnya, KM Barokah Jaya terbalik. Sebanyak 17 orang ABK kapal Barokah Jaya dilaporkan hilang, sedangkan 15 orang ABK selamat dan telah dievakuasi ke kapal MV Habco Pioneer.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah, menjelaskan, upaya pencarian dilakukan di sekitar lokasi kejadian di perairan Indramayu. Perangkat yang dikerahkan dalam pencarian korban yaitu KN SAR Wisnu, KM Baru Rugem, dan RIB 09 Bandung.

"Tim SAR Gabungan juga akan melakukan penyelaman dari tim penyelam BSG (Basarnas Special Group),’’ kata Deden, Minggu 4 April 2021 pagi.

Jika korban ditemukan, lanjut Deden, selanjutnya korban akan dievakuasi menggunakan KN SAR Wisnu. Ada 17 orang yang masih dalam pencarian Tim SAR Gabungan.

Sementara itu, hingga Minggu 4 April 2021 pukul 06.55 WIB, sebanyak 15 korban selamat yang sebelumnya sudah dievakuasi oleh MV Habcoo Pioneer, telah dipindahkan ke KN SAR Wisnu Jakarta.

Kapal MV Habco Pioneer sebelum peristiwa itu terjadi sedang berlayar dari Balikpapan menuju Merak. Sedangkan kapal Barokah Jaya sedang dalam perjalanan dari Tanjungan ke Balongan.

Kantor SROP/VTS Cirebon kemudian menerima laporan dari Kapten Kapal Habco Pioneer, Muhammad Ferdinan Rizal Tanjung, Sabtu 3 April 2021 pukul 16.45 WIB, bahwa kapal nelayan Barokah Jaya menabrak MV Habco Pioneer. Peristiwa itu menyebabkan kapal Barokah Jaya terbalik dan 17 orang ABK dilaporkan hilang. Sedangkan 15 ABK berhasil selamat dan dievakuasi ke MV Habco Pioneer.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement