Ahad 04 Apr 2021 03:13 WIB

BI Dorong Perluasan Akses Keuangan bagi UMKM

BI akan terus mendukung kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Program kredit modal kerja untuk sector UMKM.
Foto: Tim Infografis Republika.co.id
Program kredit modal kerja untuk sector UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bank Indonesia (BI) akan terus mendorong perluasan akses keuangan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa kembali bangkit setelahterdampak pandemi Covid-19. "BI juga selalu mendorong perluasan akses keuangannya (bagi UMKM)," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Rosmaya Hadi m pada acara Karya Kreatif Jabar 2021 dan Pekan Kerajinan Jabar "UKM Jabar Paten" dalam rangka Kampanye Gernas BBI bersama Menteri KUKM RI di Kota Bandung, JaeaBarat, Sabtu (3/4).

Rosmaya mengatakan Bank Indonesia juga akan terus mendukung kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BWI). Bentuk dukungan tersebut, kata dia, dilakukan dengan cara menginstruksikan 46 kantor cabang BI agar selalu mendukung dan berkolaborasi dengan acara-acara yang terkait Gernas BBI dan BWI.

Baca Juga

"Jadi BI mendekatkan dengan perbankan. Terbukti acara ini merupakan sinergi, bukan hanya saja bagaimana UMKM bersinergi dengan acara BBI antara lain Karya Kreatif Jabar dengan Ciayumajakuning Entrepreneur Festival di Cirebon," kata dia.

Ia mengatakan Bank Indonesia terus berupaya agar UMKM Jabar dapat naik kelas dan juga dapat menembus hingga pasar internasional."Saat ini ialah waktunya bersinergi, berkreasidan mendorong pemasaran UMKM hingga internasional atau ekspor," kata dia.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Herawanto menambahkan sebagai wujud komitmen dukungan terhadap UMKM yang melibatkan sinergi antarpemangku kepentingan, Gernas BBI dan BWI Jawa Barat dirangkaikan dengan event Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ), Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB), Ciayumajakuning Entrepreneur Festival dan Pagelaran Kreasi Priangan Timur.

Herawanto mengatakan berbagai event tersebut merupakan gelaran tahunan bergengsi hasil kolaborasi Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat (termasuk BI Tasikmalaya dan BI Cirebon) bersama Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota/Kabupaten terkait di Jawa Barat dan Dekranasda, dengan didukung oleh Perbankan dan stakeholders terkait di Jawa Barat."Seluruh rangkaian Gernas BBI dan BWI Jawa Barat yang disinergikan dengan Karya Kreatif Jawa Barat, Pekan Kerajinan Jawa Barat akan digelar sepanjang bulan April 2021," kata dia.

Rangkaian pembukaan yang digelar selama tiga hari mulai tanggal 2 April sampai 4 April 2021 di Atrium Trans Studio Mall dengan menampilkan showcasing produk kriya, fesyen, kuliner (termasuk kopi) dan industri kreatif premium dari 64 UMKM mitra Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat, Dekranasda Jawa Barat dan perbankan di Jawa Barat.

Selain showcasing, acara juga akan dimeriahkan oleh parade video pesona wisata Jawa Barat, medley tarian Jawa Barat, fashion show, belanja interaktif, webinar, talkshow akses pembiayaan dan business matching, implementasi QRIS, serta berbagai penampilan hiburan menarik lainnya untuk mempromosikan UMKM dan pariwisata di Jawa Barat secara nasional.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement